-->

Kronik Toggle

Soal Buku Adnan Buyung, Sudi: SBY Dirugikan!

Jakarta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merasa dirugikan terkait dengan penerbitan buku berjudul ‘Nasihat Untuk SBY’ yang ditulis mantan anggota Wantimpres Adnan Buyung Nasution. Meski begitu, SBY tak akan melakukan penuntutan bahkan teguran sekalipun.

“Tentu terus terang presiden merasa dirugikan dalam hal ini. Masyarakat bisa menilai. Tidak perlu presiden harus melakukan itu (penuntutan -red),” kata Mensesneg Sudi Silalahi, di halaman kantor presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Selasa (29/5/2012).

Menurut mantan Sekretaris Kabinet ini, Buyung juga tidak akan ditegur secara lisan maupun tertulis. Dia meyakini, Buyung sebagai pakar hukum senior sudah paham soal aturan yang berlaku.

“Saya kira tidak perlu. Beliau sudah sangat matang di dalam hal ini. Tidak perlu ditegur pun, kalau beliau merasa yang pantas dan tidak pantas sudah ada pada beliau,” terangnya.

Sudi juga menegaskan, tidak pernah mempersulit anggota Wantimpres untuk bertemu presiden. Selama ini, kata Sudi, semua pihak yang berkepentingan dengan SBY selalu difasilitasi dengan baik, dari kalangan mana pun.

“Jangankan wantimpres, orang umum saja kalo emang anu, kita jadwalkan kok. Mungkin Bang Buyung merasa ada suatu ketika ada yang tidak terespon itu bang Buyunglah. Saya saksi hidup, tidak ada yang tidak bisa komunikasi dengan presiden,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Jumat (25/5) lalu, Buyung meluncurkan buku berjudul ‘Nasihat untuk SBY’. Buku setebal 310 halaman itu menceritakan pengalaman pria berambut putih itu selama menjadi Wantimpres pada tahun 2007-2009.

Salah satu nasihat yang disampaikan Buyung adalah mengenai polemik anugerah pahlawan bagi Soeharto. Buyung memberi saran bahwa Soeharto tidak bisa diangkat menjadi pahlawan nasional karena disebutkan penguasa orde baru itu orang yang melegitimasi merajalelanya korupsi. Saat itu, Buyung mengaku sulit bertemu SBY.

(mad/lh)

*)detik, 29 mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan