-->

Kronik Toggle

Mobil dan Kapal Perpustakaan Keliling Jangkau Masyarakat Pedalaman

JAKARTA – Pengembangan perpustakaan hingga ke pelosok desa, terus dilakukan Perpustakaan Nasional. Penambahan layanan perpustakaan yang bisa menjangkau masyarakat di daerah terpencil, juga ditingkatkan.

“Pengembangan perpustakaan tetap konsisten dilakukan. Ini bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Kepala Perpustakaan Nasional, Sri Sularsih, dalam konferensi pers menyambut HUT ke-32 Perpustakaan Nasional RI di Jakarta, Senin (14/5/2012).

Hari jadi Perpustakaan Nasional RI jatuh pada 17 Mei. Tema tahun ini adalah Perpustakaan Mencerdaskan Bangsa.

Sri mengatakan hingga tahun 2011 Perpusnas sudah menyalurkan sebanyak 65 unit mobil perpustakaan keliling, untuk perpustakaan provinsi.

Perpustakaan kota/kabupaten yang menerima mobil perpustakaan keliling sebanyak 399 kota/kabupaten. Tersisa 98 kota/kabupaten yang belum menerima bantuan stimulan mobil perpustakaan keliling dari pemerintah.

Sri menambahkan untuk wilayah nondaratan yang tidak terjangkau mobil perpustakaan keliling, ada bantuan kapal perpustakaan keliling. Penyebaran kapal perpustakaan keliling ini antara lain di Bengkalis, Bintan, Selayar, Morowali, Wakatobi, Pangkajene(Kepulauan (Pangkep), dan Ternate.

“Kehadiran mobil dan kapal perpustakaan keliling menjadi solusi ampuh dalam memperluas jangkauan informasi dan pengetahuan masyarakat yang tinggal di pelosok atau daerah-daerah terluar yang sulit dijangkau,” kata Sri.

*)Kompas, 14 Mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan