-->

Kronik Toggle

LBH Laporkan Insiden Kekerasan di LKIS ke Komnas HAM

YOGYAKARTA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Yogyakarta akan melaporkan aksi kekerasan dan pembubaran diskusi Irshad Manji di kantor LKIS, Rabu (9/5) malam lalu ke Polda DIY. LBH menuntut dilakukannya tindakan hukum kepada para pelaku kekerasan.

“Kita akan tempuh upaya hukum dan melaporkan kejadian ini ke Polda DIY. Terdapat dua pasal yang bisa menjerat, yakni tindakan pengrusakan yang diatur dalam pasal 170 KUHP dan pasal 351 KUHP terkait penganiayaan,” ujar Direktur LBH Yogyakarta, Syamsudin Nurseha, Kamis (10/5).

Pihaknya menyebut, sesungguhnya terdapat undang-undang yang melindungi warga negaranya untuk melakukan kegiatan diskusi atau menyampaikan pendapat. Diantaranya UU nomor 11 tahun 2005 tentang hak sipil politik dan UU nomor 8 tahun 1998 tentang hak melakukan kegiatan ilmiah berupa diskusi dan lainnya.

“Terkait pembubaran dan pengrusakan serta penganiayaan tersebut, kami menganggap pemerintah kita telah gagal melindungi warganya. Karena jauh hari media sudah memberitakan potensi gangguan keamanan kedatangan Irshad. Tetapi kenyataan di lapangan, tidak ada aparat yang disiagakan,” tuturnya.

LBH, lanjutnya, juga akan mendesak Komnas HAM untuk mengusut pembiaran yang dilakukan aparat atas perlakuan kekerasan terhadap masyarakat. “Bahkan sampai ada tujuh korban luka dan lima orang dirawat di UGD. Kita tidak akan diam diri dengan ini dan akan berjuang untuk hak masyarakat,” tegasnya. (Aie)

Sumber: KRJogja.com, 10 Mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan