-->

Kronik Toggle

Kurikulum Sepakbola Indonesia

JAKARTA – Untuk kali pertama, Indonesia memiliki kurikulum sepakbola. Berisi pedoman pendidikan sepakbola usia dini, muda hingga jenjang senior, buku ini disusun oleh pelatih berkebangsaan Jerman, Timo Scheunemann.

Terdiri dari 10 bab, kurikulum ini berisi panduan pendidikan sepakbola yang terbilang lengkap. Di dalamnya dijabarkan mulai dari yang paling dasar seperti prinsip bermain, konsep melatih, kurikulum berdasarkan umur, hingga hal-hal yang lebih detil seperti teori sepakbola modern, teori latihan fisik sampai mencegah dan merawat cedera serta pemahaman dasar peraturan pertandingan.

Kemunculan kurikulum sepakbola ini sudah sangat dinanti-nantikan dunia sepakbola tanah air. Selama ini pengembangan serta pembibitan usia muda jadi hal yang selalu terlupakan, hal mana membuat prestasi sepakbola Indonesia makin tertinggal bahkan dari tetangga Asia Tenggara.

“Salah satu kelemahan yang paling mendasar dalam pembinaan ‘grass root’ (U5-U12) dan usia muda (U13-U20) di Indonesia adalah fokus SSB yang salah; fokus SSB lebih ke arah menggapai kemenangan daripada membina pemain hingga bisa mencapai potensi maksimalnya. SSB sibuk menggapai prestasi sebagai klub hingga lupa bahwa prestasi sebenarnya adalah pembentukan pemain secara menyeluruh,” tulis Timo dalam kata sambutan kurikulum.

“Kurikulum ini adalah bagian dari langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh Badan Usia Muda PSSI. Dengan adanya kurikulum ini harapan kami program latihan di semua SSB di seluruh Indonesia menjadi; (1) lebih berkualitas , (2) lebih “age specific” atau tepat usia, (3) lebih terarah secara baku atau dengan kata lain memiliki standar yang sama,” lanjut pria yang juga menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI itu.

Meski menitikberatkan pada pembinaan usia dini (U5-U12) dan muda (U13-U20), kurikulum ini juga bisa digunakan untuk pemain senior. Kurikulum ini akan disebarkan ke seluruh sekolah sepakbola di Indonesia, dan diharapkan bisa menjadi panduan baku buat pembinaan usia muda mulai dari rumah dan sekolah.

Untuk mendapatkan kurikulum ini, siapa saja bisa men-download dengan cuma-cuma melalui situs binasepakbola.com.

Sumber: sport.detik.com, 12 Mei 2012

1 Comment

titut RH - 24. Nov, 2012 -

buku latihan sepak bola untuk junior dan senior

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan