-->

Kronik Toggle

Indonesia Tuan Rumah Kongres Pustakawan

Jakarta- Sekretaris Jenderal Kongres Pustakawan Asia Tenggara (Congress of Southeast Asian Librarian / Consal) XV, Woro Titi Haryanti, mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah kongres tersebut tahun ini. Kongres tiga tahunan tersebut, akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 28-31 Mei 2012. “Ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah,” kata Woro di Perpustakaan Nasional Senin, 14 Mei 2012.

Woro menyatakan kongres yang dilaksanakan tiga tahun sekali itu akan dihadiri 800 orang. Sebanyak 500 orang sudah mendaftar secara online, sedangkan peserta lainnya akan mendaftar onsite.

Menurut Woro, sejauh ini sudah ada 103 makalah yang masuk tapi hanya 56 makalah yang lolos untuk dipresentasikan dalam kongres tersebut. Salah satunya berasal dari Indonesia.

Kongres tersebut nantinya dihadiri Indonesia dan negara-negara ASEAN lainnya. Setiap negara diwakili oleh tiga orang yang bergerak di bidang kepustakaan. Indonesia diwakili oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Ketua serta Sekretaris Jenderal Ikatan Pustakawan Indonesia.

Timor Leste juga akan hadir dalam kongres bertema “National Heritage” tersebut. “Namun Timor Leste masih sebagai observer,” kata Woro yang juga merupakan Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional. Sebenarnya, Timor Leste sudah mengajukan permohonan untuk menjadi anggota Consal. Namun keanggotaannya baru akan ditetapkan pada Consal XVI mendatang.

MARIA YUNIAR

*)Tempo.co, 14 Mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan