-->

Kronik Toggle

Diprotes LUIS, Diskusi Buku Irshad Manji Batal

SOLO – Acara diskusi yang menghadirkan tokoh feminis asal Kanada, Irshad Manji, gagal digelar setelah diprotes Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Kamis (3/5/2012). Semula diskusi ini akan digelar pada tanggal 8 Mei 2012 di Balai Soedjatmoko, Gramedia, Solo.

LUIS menganggap Irshad Manji sebagai tokoh feminisme yang memusuhi Islam dan pro dengan paham lesbianisme, liberalisme dan feminisme. “Bisa kita lihat dalam bukunya yang berjudul the Trouble with Islam, dan dia menyetujui hubungan sesama jenis yang dalam Islam harus ditentang,” kata Edi Lukito, Ketua LUIS.

Sementara itu, pihak panitia penyelenggara diskusi menyatakan akan membatalkan acara diskusi tersebut, karena mendapat penolakan tersebut. “Namun demikian, bentuk diskursus tidak hanya dalam bentuk diskusi, tetapi juga bisa melalui media lain. Kita tidak masalah,” kata Dewi Candraningrum, Ketua Kelompok Jejer Wadon penggagas diskusi.

Selain di Balai Soedjatmoko, Irshad Manji juga diagendakan akan berdiskusi di Universitas Muhamadiyah Surakarta. Pihak LUIS pun meminta agenda tersebut dibatalkan.

*)Kompas.com, 3 Mei 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan