-->

Lainnya Toggle

Spesial Valentine: Surat Cinta Sang Presiden

Jakarta – Para pemimpin Amerika Serikat, dengan berbagai macam gaya kepemimpinannya, ternyata memiliki sisi romantis. Inilah Presiden Amerika yang dianggap paling romantis.

1. John Adams
Tidak ada yang meragukan sisi romantis Adams dan istrinya, Abigail. Adams memang dikenal sebagai pria yang pandai meluluhkan hati sang istri.

Pasangan ini gemar menunjukkan kasih sayangnya kepada banyak orang. Suatu hari, Adams pernah menuliskan surat cinta untuk Abigail. Dalam suratnya terdapat kalimat, “Aku memintamu untuk memberi sebanyak mungkin ciuman dan sebanyak mungkin waktu yang bisa kau berikan untukku.”

2. Ronald Reagan
Pada 1984, Reagan menulis surat untuk istrinya, Nancy. Salah satu kalimatnya adalah, “Aku lebih dari mencintaimu. Tanpamu, diriku bukanlah apa-apa.”

3. Harry Truman
Truman dan istrinya, Bess, rutin berkirim surat selama 50 tahun. Sebab, sebagian besar waktu Truman habis karena bertugas ke luar negeri.

Pada 29 Juli 1945, ketika Truman sedang berada di Postdam, Jerman, untuk menghadiri Konferensi Postdam, ia menulis surat untuk Bess. “Konferensi ini membuatku sangat merindukanmu…. Aku telah menghabiskan waktu untuk berpikir, sebaiknya kutinggalkan konferensi ini dan pulang ke rumah untuk berjumpa denganmu.”

4. Andrew Jackson
Jackson dikenal sebagai pemimpin yang temperamen. Namun ia menunjukkan sisi lembutnya pada Rachel, istrinya, yang meninggal dua minggu sebelum Jackson terpilih sebagai presiden.

Rachel pernah dihina sekelompok masyarakat ketika Jackson sedang berperang. Sebagai bentuk dukungan dan kasih sayangnya, pada 1813, Jackson menulis pesan, “Semoga malaikat kebaikan selalu melindungimu hingga aku kembali bersamamu.”

5. Woodrow Wilson
Mungkin orang tak menduga Wilson adalah pria romantis. Ia identik sebagai pemimpin yang terobsesi dengan pembentukan Liga Nasional Amerika.

Wilson membuat ratusan surat cinta bagi istri pertamanya, Ellen Louise Axson, yang dinikahinya pada 1915. Axson meninggal ketika Wilson sedang bekerja di kantornya.

“Sebuah kebanggaan dan kebahagiaan yang kudapat karena kau mencintaiku dengan cinta yang sempurna.”

Setelah kematian Axson, Wilson kemudian menikah dengan Edith Galt, janda asal Washington.

6. John Tyler
Tyler pernah membuat keputusan yang salah bagi pemerintahannya, yang mengakibatkan Perang Meksiko-Amerika. Namun ia memiliki kepekaan yang baik sebagai seseorang yang pandai bermain kata-kata.

Istri pertama Tyler meninggal pada awal masa pemerintahannya. Kemudian ia menikah dengan Julia Gardener yang usianya jauh lebih muda. Kepada Gardener, ia menulis sebuah puisi.

Sebagian puisi tersebut berisi kalimat, “Haruskah aku menjadi harpa yang tak berdawai, sehingga menjadi barang tak berguna yang tak didengar?”

CS MONITOR | SATWIKA MOVEMENTI

*)Tempo.co, 14 Februari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan