-->

Kronik Toggle

Paramount Menuntut Anak Novelis Mario Puzzo

Kekultusan trilogi GODFATHER yang diangkat dari novel Mario Puzzo terancam luntur gara-gara rencana penerbitan novel keempatnya, yang kabarnya telah selesai dirampungkan, Anthony Puzo, anak dari Mario. Hal ini membuat pihak Paramount Pictures sebagai studio pembuat ketiga film GODFATHER meradang dan berusaha menghentikan penerbitan novel tersebut.

Pihak Paramount telah menuntut pihak Anthony supaya tak mengedarkan buku keempat yang diberi judul THE FAMILY CORLEONE dan rencananya bakal dirilis Juli 2012. Tercatat pada tanggal 17 Februari lalu, Paramount telah mengisi berkas-berkas tuntutannya di pengadilan umum Manhattan, New York, dengan isi yang menyatakan bahwa pada tahun 1969 mereka telah membeli hak cipta dari novel Mario Puzo sehingga Paramount punya hak satu-satunya dan ekslusif untuk membuat dan menggagas pembuatan karya yang diangkat dari karakter dan segala detil lainnya (dari novel GODFATHER) dalam bentuk literatur, drama, adaptasi, dan bentuk karya lainnya.

Paramount juga menambahkan bahwa mereka juga memiliki hak cipta dari GODFATHER RETURNS yang diproduksi Random House tahun 2004 setelah kematian Mario Puzo di tahun 1999. Buku kedua THE GODFATHER’S REVENGE juga telah dirilis tanpa seizin pihak studio di tahun 2006. Alasan studio keras melarang penerbitan karya-karya terkait GODFATHER adalah untuk menjaga integritas dan reputasi dari trilogi yang dikultuskan ini.

Studio yang terletak di Melrose Avenue, Hollywood, menyertakan dalam tuntutannya, “Jauh dari kesan menghargai legasi THE GODFATHER, THE GODFATHER’ REVENGE menodai dan, seiring waktu berjalan, juga menipu pembaca dengan iklan, marketing, dan materi promosi yang terkait dengan novel pertama dan keduanya,” tulis pihak Paramount.

Menanggapi isu tersebut, pengacara pihak Puzo, Bertram Fields menganggap tuntutan ini adalah sebuah ‘serangan diam-diam’. Ungkapnya dalam sebuah wawancara telepon, “Bagi Paramount, melakukan tuntutan seperti ini kepada anak Mario Puzo setelah puluhan juta dollar telah mereka dapat dari karya Puzo, adalah sebuah tindakan yang memalukan.”

“Petinggi Paramount harusnya malu,” tambahnya. Dijelaskannya bahwa pada perjanjian pada tahun 1969 antara Mario dan pihak studio, hak cipta untuk mengeluarkan sequel tidaklah diberikan kepada Paramount. Persoalan pembuatan kisah lanjutan THE GODFATHER ini tentu diributkan banyak pihak sebab seperti yang kita tahu, film pertamanya telah memenangkan tiga kategori bergengsi Oscar, Best Picture, Best Actor and Best Adapted Screenplay. Mario Puzo menjadi penulis naskahnya saat itu dengan Francis Ford Coppola sebagai sutradara.

Tak hanya itu, film berkisah tentang kehidupan mafia Italia yang hidup di Amerika ini juga dibintangi banyak bintang tenar pada masanya seperti Marlon Brando, Al Pacino, James Caan, Robert Duvall and Diane Keaton. (ace/dka)

Sumber: kapanlagi.com, 22 Februari 2012, “Sekuel ‘GODFATHER’ Dibuat, Pihak Paramount Meradang”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan