-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi Pekan Ketiga Februari 2012

Berikut ini adalah KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia.

Lalu Aku

Karya Radhar Panca Dahana

Resensi ditulis Acep Iwan Saidi

Dimuat Kompas, 19 Februari 2012

Radhar Panca Dahana kembali menerbitkan buku puisi. Kali ini diberi tajuk Lalu Aku. Judul ini tentu mengingatkan pada dua kumpulan sajak terdahulunya, yakni Lalu Batu dan Lalu Waktu. Tampak,  kata lalu konsisten  digunakan oleh Radhar, seperti ada hal yang hendak ditegaskan terus-menerus dengan kata ini. Ketika lalu diikuti aku, dapat ditangkap kesan bahwa yang hendak dikedepankan adalah aku meskipun secara “gramatik” ditulis setelah lalu. Aku yang hendak dikedepankan adalah subyek di dalam ruang dan waktu, dari segi bentuk, ini tampak sebagai permainan bahasa.

Gedoran Depok : Revolusi Sosial di Tepi Jakarta 1945-1955

Karya Wenri Wanhar

Resensi ditulis Riky Ferdianto

Dimuat Koran Tempo, 19 Desember  2012

Proklamasi kemerdekaan Indonesia sudah  berkumandang pada 17 Agustus 1945. Peristiwa sangat bersejarah itu disambut gegap-gempita oleh jutaan orang. Tapi tidak bagi orang Depok. Mereka enggan mengakui  hal itu dan mengklaim sebagai wilayah berdaulat. Sikap itu membuat para pejuang kemerdekaan angkat senjata dan menyerbu Depok. Huru-hara yang meletus pada 11 Oktober 1945 itu dikenal sebagai “Gedoran Depok”. Margonda dan Tole Iskandar tewas dalam peperangan tersebut. Kronik sejarah itu diangkat oleh wenri Wanhar dalam bukunya, Gedoran Depok. Sebuah reportase sejarah yang merekam revolusi sosial diperiode 1945 hingga 1955. Karya ini seolah menggedor pengetahuan kita tentang banyak hal. Tentang cerita Depok di masa lalu dan relasinya dengan kolonialisme serta proses integrasi Depok ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Gilad Atzmon

Karya Ahmad Syafii Maarif

Resensi ditulis Noval Maliki

Dimuat JAWA POS, 19 Februari 2012

Berdirinya negara Israel pada 14 Mei 1948 yang diarsiteki kaum Zionis, disponsori Inggris, dan dilegalisasi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) membuat kawasan Palestina tak henti bergejolak hingga kini. Setidaknya 780.000 rakyat Palestina terusir dari tanah kelahirannya pada tahun pertama negara Yahudi berdiri. Tidak sedikit pula yang dibunuh, dihalau, dan dibinasakan oleh pendatang Yahudi dari berbagai negara yang mengklaim bahwa negara Palestina adalah milik moyang mereka. Rupanya tidak semua keterunan Yahudi memiliki konsepsi yang sejalan dan setuju dengan semua kekejaman tersebut. Misalnya Gilad Atzmon, yang kemudian menjadi judul buku catatan reflektif Ahmad Syafii Maarif atas percakapan viritualnya dengan seorang Yahudi eks serdadu zionis tersebut.

Suara dari Masa Silam, Teori dan Metode Sejarah Lisan

Karya Paul Thompson

Resensi ditulis R.N. Bayu Aji

Dimuat JAWA POS, 19 februari 2012

Leopold Von Ranke (1795-1886) yang terkenal sebagai bapak ilmu sejarah mengemukakan pentingnya sumber dokumen dan kritik sumber dalam penulisan sejarah. Itulah kekuatan dan pentingnya dalam penulisan sejarah. Akan tetapi , pengusung ajaran Ranke kemudian hari terjebak pada “pemujaan” dokumen tertulis sebagai satu-satunya sumber terpercaya bagi penelitian sejarah dan menegasikan sumber lain. Terutama, sumber lisan yang tersimpan dalam memori manusia, rekaman suara, dan video. Tidak bisa dimungkiri bahwa tidak semua orang yang memiliki tradisi menyimpan suatu narasi peristiwa dalam bentuk dokumen tertulis. Realitas historis menunjukan masih banyak mayrakat yang menyimpan informasi tentang peristiwa sejarah dalam ingatan. Oleh sebab itu untuk menutupi kekurangan dokumen tertulis yang tidak mengarsipkan keseluruhan kejadian, dibutuhkan sumber lisan yang tersimpan dalam memori manusia. Itulah yang hendak diungkapkan Paul Thompson dalam buku ini.

Suluk Sufi Ulama Karaton Yogyakarta : Ajaran Kyai Nur Iman

Karya Irwan Masduqi

Resensi ditulis Munawit Azis

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 19 Februari 2012

Kiai Nur Iman, merupakan salah satu Begawan dalam sejarah Kraton Mataram selain Ranggawarsita, Yasadipura, Suryamentaram. Melalui buku ini, Irwan menelaah kitab keterangan Kiai Nur Iman dengan mengomparasi realitas sosial Kraton Yogyakarta dengan beberapa referensi ulama sufi terdahulu. Dalam kitab-kitabnya, Kiai Nur seolah menampilkan suluk ulama sufi yang muncul ketika Kraton Yogyakarta kental dengan tradisi Sufisme Falsafi.

Steve Jobs. Stay Hungry, Stay Foolish

Karya Jay Elliot dan William L. Simon

Resensi ditulis Benni Setiawan

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 19 Februari 2012

Buku yang ditulis Jay Elliot dan William L simon yang merupakan sahabat dekat Steve Jobs. Buku ini memuat kisah sukses pria yang meninggal dunia pada 5 Oktober 2011 lalu. Sebagai manusia yang dilahirkan dan dibesarkan diabad ke-20 ia mampu berpikir melampaui zamannya. Ia menghargai bakat orang lain dan terus melakukan inovasi demi sebuah produk yang semakin baik dan canggih. Dengan penghormatan terhadap pribadi manusia ilmiah yang kemudian meghantarkan steve menuju puncak kesuksesan.

Perempuan dikamar Sebelah

Karya Chairil Gibran Ramadhan

Resensi ditulis Teuku Saifullah

Dimuat SUARA MERDEKA, 19 Februari 2012

Membaca kumpulan cerpen berjudul Perempuan di Kamar Sebelah ini, kita akan di ajak untuk menyelami potret kehidupan para perempuan yang tertindas di negeri ini, menyangkut kekerasan suami terhadap istri, ayah terhadap anak perempuan dalam hubungan personal dan nonpersonal, aparatur negara terhadap perempuan, serta perempuan pemegang kekuasaan terhadap perempuan yang lemah kedudukan sosial dan ekonominya. Ada 16 cerpen yang dihadirkan dalam buku ini yang hampir sebagian besar pernah dimuat di media cetak, baik lokal maupun mancanegara.

Ya Allah, Beri Aku Satu Saja

Karya Nurul Asmayani, Viana Akbari, dkk

Resnsi ditulis Pipit Setiafitri

Dimuat TRIBUN JOGJA, 12 Februari 2012

Buku ini berkisah tentang pengalaman suka duka, menunggu hadirnya buah hati dalam sebuah pernikahan. Buku yang ditulis 20 penulis wanita ini akan menguras emosi dan air mata. Pembacapun akan ikut larut dalam serangkaian kisah jujur yang dituturkan para penulis. Dilengkapi dengan ulasan medis dari setiap permasalahan yang ada dalam setiap kisah. (Aya Hidayah)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan