-->

Kronik Toggle

30 Anak PSK Putat Jaya Baca Sajak Untuk Ibunda

Sekurangnya 30 anak-anak pekerja seks komersial (PSK) dari kawasan Putat Jaya Surabaya, Minggu (26/2/2012) membacakan sajak-sajak untuk Ibu masing-masing diaula Perpustakaan Kota Perpuskota) Surabaya.

Sajak-sajak yang dibacakan anak-anak itu tentu saja lebih pada kerinduan serta keseharian mereka yang tumbuh dikawasan ‘merah’, kawasan lokalisasi. Kerinduan belajar bersama Ibu, keinginan jalan-jalan ke plasa bersama Ibu.

“Kami ingin mengajak anak-anak ini untuk mencintai sastra. Mungkin saat ini mereka cukup dengan membacakan sajak untuk ibu mereka masing-masing. Tetapi kedepan nanti kami berharap lebih dari itu, mereka bisa menuliskannya,” ujar Kika Dersy Putri satu diantara penggagas kegiatan.

Karena, lanjut Kika, setiap anak punya hak sama untuk mendapatkan pendidikan serta pengembangan diri mereka. Tak terkecuali anak-anak yang lahir dikawasan lokalisasi atau terlahir sebagai anak PSK.

“Awalnya memang kami ingin memperkenalkan perpustakaan sebagai tempat yang dapat mereka gunakan untuk menimba ilmu dengan membaca berbagai buku yang ada diperpustakaan ini,” kata Kika pada suarausrabaya.net.

Sementara itu, dihubungi melalui selulernya Evie Suryani Humas Perpuskota Surabaya, mengaku bersyukur karena anak-anak yang berasal dari kawasan lokalisasi tersebut ternyata memiliki semangat serta keinginan belajar yang menggembirakan.

“Anak-anak itu cukup bersemangat untuk belajar dan berkarya. Dengan hadir di perpustakaan kota ini, merupakan bagian menyenangkan tentunya bagi mereka, karena mereka bisa keluar sejenak dari lingkungan lokalisasi,” ujar Evie Suryani ketika berbincang dengan suarasurabaya.net.

Selain membacakan puisi atau sajak, anak-anak yan gberasal dari satu diantara lokalisasi yang ada di Kota Surabaya, Minggu (26/2/2012) itu mereka juga diajak menikmati dongeng atau cerita yang ditampilkan oleh komunitas Indonesia Bercerita.(tok)

*)Suarasurabaya, 26 Februari 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan