-->

Kronik Toggle

Komik Anti Terorisme Gratis untuk Guru

BANDUNG – Ratusan guru agama peserta pelatihan Menjadi Guru yang Humanis dan Berbhineka di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Jawa Barat, mendapat dua novel grafis berjudul Ketika Nurani Berbicara dan Kutemukan Makna Jihad secara gratis.

Dua buku komik tersebut diterbitkan LSM Lazuardi Birru untuk menangkal terorisme dan kekerasan atas nama agama. Komik Ketika Nurani Berbicara (2010) berkisah tentang tragedi Bom Bali 1. Dalam komik ini disebutkan, ada dua orang pelaku bunuh diri di Legian, Bali. Belakangan diketahui, salah satu pelakunya, Dani Permana (17), direkrut Nurdin M Top. Diceritakan, Dani yang baru lulus SMA telah dicekoki oleh teroris supaya rela mati menjadi pengebom bunuh diri demi mendapatkan surga dan ditemani 72 bidadari.

Dalam komik ini juga dikisahkan tentang istri korban Bom Bali 1, yakni Hayati Eka Laksmi yang berprofesi sebagai guru di SMP Muhammadiyah Denpasar, Bali. Suaminya menjadi korban bom yang mengguncang dunia itu.

Sedangkan komik Kutemukan Makna Jihad (2011), berkisah pengalaman eks Amir Matiki 3 Jemaah Islamiah, Nasir Abas; korban Bom kedutaan Besar Australia, Iwan Setiawan; dan Dani Dwi Permana, pelaku bom bunuh diri JW Marriot 2009. Di komik ini, Nasir Abas bercerita kisah hidupnya yang bergabung dengan para tokoh teroris seperti Imam Samudera cs.

Ketua Umum Lazuardi Birru sekaligus penyelenggara pelatihan, Nugroho Wahyujatmiko menyebutkan, diberikannya novel grafis kepada para guru diharapkan bisa mendorong anak didiknya untuk membaca bahwa terorisme ternyata merugikan semua pihak.

“Kita tidak ingin generasi muda terjerumus ke dalam gerakan terorisme. Dalam novel juga disebutkan tips-tips menghindari rekruitmen dari gerakan radikal. Ini diharapkan diketahui para guru,” ungkap Nugroho, di sela pelatihan, Senin (17/10/2011).

Dia menambahkan, kedua novel grafis tersebut bisa diunduh secara gratis di www.lazuardibirru.org.(rhs)

*) Okezone, 7 Oktober 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan