-->

Perpustakaan Toggle

Kafe Perpustakaan

Kineruku-Teman-teman-Menghias-Rumah-Buku1Buku adalah jendela dunia. Begitulah biasanya orang mengdeskripsikan buku, dari sebuah buku kita dapat mengenal dan mengetahui berbagai macam hal. Namun, tak jarang orang menganggap membaca buku adalah hal yang membosankan.

Ada sebuah tempat di Bandung yang dapat membuat kita menarik kembali anggapan tersebut. Kineruku adalah sebuah perpustakaan yang menawarkan konsep berbeda. Kafe-perpustakaan yang terletak di Jalan Hegarmanah No. 52 Bandung  itu hadir dengan konsep library-cafe classic.  Tempat ini didesain sedemikian rupa hingga kita akan bisa merasakan seperti berada di rumah sendiri. Tak heran, setelah masuk ke dalamnya, kita bisa betah tinggal sampai menghabiskan waktu berjam-jam.

Buku yang ditawarkan juga cukup bervariatif, mulai dari buku fiksi, perfilman, arsitektur, seni sampai buku-buku komunikasi pun ada. Itu sebabnya, Kineruku menjadi salah satu tempat nongkrong anak-anak seni dan arsitektur ITB. Buku ditempat ini berbeda dengan di tempat lain, karena banyak buku yang tidak dapat kita temukan di library cafe lain. Kineruku sengaja mengimpor buku-buku langka dari negaranya langsung.

Tak hanya buku yang tempat ini tawarkan, ada home theater yang cozy banget di tempat ini. Namun, film yang disajikan adalah film-film lama atau klasik, sesuai dengan konsep yang diusung Kineruku. Sambil nonton film kita juga bisa memesan popcorn dengan berbagai ukuran dan berbagai rasa. Pokoknya, sensasi yang didapat ketika masuk ke ruangan film yang  tidak terlalu besar itu akan membuat kita berkata feels like home. Tempat ini juga biasa digunakan untuk pemutaran film-film indie.

Buku dan film memang kurang lengkap tanpa adanya musik, maka disini juga terdapat ruangan yang dipenuhi dengan CD-CD musik. Sejumlah CD itu bisa kita pinjam dari sana. Karena konsepnya yang klasik, musik yang ditawarkan juga kebanyakan musik klasik, meski sejumlah aliran lain pun ada. Tak hanya itu, kadang tempat ini juga digunakan sebagai tempat launching album band-band indie.

Tak lengkap rasanya membaca buku tanpa ditemani cemilan, Kineruku menyediakan makanan yang harganya “mahasiswa banget”, dengan harga minuman dimulai dengan Rp 2.500 dan harga makanan dimulai dengan harga Rp 6.000. Pokoknya, kita bisa pintar dan gaul dengan harga yang hemat. (CJ-Kirizki Setiana)

*) reportase.com, 11 Agustus 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan