-->

Kronik Toggle

Kabar Resensi Pekan Keempat Oktober 2011

KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia. Disusun oleh Aya Hidayah dan dibacakan Ardyan Erlangga.

The Filter Bubble; What The Internet Is Hiding From You

Karya Eli Pariser

Resensi ditulis Yudo Anggoro

Dimuat KOMPAS, 23 Oktober 2011

The filter bubble adalah sebuah sistem didunia maya yang menyaring informasi yang berdasarkan siapa kita dan apa yang kita sukai. Algoritma ini akan memberikan informasi yang personal bagi kita. Setiap orang akan mendapatkan informasi yang berbeda sesuai dengan minatnya masing-masing. Sistem ini tidak terlihat, tetapi semakin kita terilibat di dalamnya, akan semakin sulit bagi kita untuk keluar. Buku ini mengingatkan kita akan pentingnya hak mendapatkan informasi yang seimbang.

The Innovstor’s DNA

Karya Jeff Dyer, Hal Gergersen, Clayton M. Christensen

Resensi ditulis Yudo Anggoro

Dimuat KORAN TEMPO, 23 Oktober 2011

Kekuatan buku ini terletak pada riset kolaboratif selama delapan tahun yang melibatkan lebih dari 100 pemimpin perusahaan inovatif dunia untuk merumuskan apa itu DNA innovator. Hasil riset ini meraih posisi runner-up pada acara Harvard Business Review McKinsey Award 2009. Buku ini juga menyediakan beberapa alat ukur untuk mengukur DNA inovator, baik dalam level individu maupun korporasi.

Adonis; Gairah Membunuh Tuhan Cendekiawan Arab-Islam

Karya Zacky Khairul Umam

Resensi ditulis Munawir Aziz

Dimuat JAWA POS, 23 Oktober 2011

Revolusi arab yang terjadi dalam setahun terakhir merupakan bukti adanya kontestasi antara yang stagnan dan yang dinamis dalam struktur kebudayaan masyarakat Timur Tengah. Revolusi kebudayaan Arab itu dipelopori Adonis, penyair kelahiran Qassabin, pegunungan Alawiyyin, Syira, 1930. Adonis yang terlahir sebagai Ali ahmad Sa’id merupakan salah seorang penyair dan intelektual Arab modern yang termasyhur. Dalam buku ini penulis mendedah gagasan Ali Ahmad Sa’id. Penulis berusaha melacak genealogi sastra dan percik pemikran Adonis serta ide gerakan revolusi kebudayaan dunia Arab-Islam.

Rahasia Presentasi Steve Jobs; Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan Setiap Audiens

Karya Carmine Gallo

Resensi ditulis Erma Diah P

Dimuat JAWA POS, 23 Oktober 2011

Buku ini mengupas tuntas teknik presentasi yang menjadi kunci rahasia Steve Jobs. Gallo membagi buku ini dalam tiga babak. Disetiap babak disajikan sejumlah adegan atau bab. Ada 18 adegan yang masing-masing dijelaskan mendetail.  Babak pertama dalam buku ini memaparkan tahap praktis untuk menciptakan cerita yang menyenagkan. Lalu, babak kedua disampaikan bagaimana cara menciptakan pengalaman, dan babak terakhir adalah memoles diri dan melatih diri.

Membentangkan Ketakutan Jejak Berdarah Perang Global Melawan Terorisme

Karya Shofwan Al Banna

Resensi ditulis Sudaryanto SPd

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 Oktober 2011

Melalui bukunya ini, Syafwan berikhtiar menelusuri akibat-akibat dari berbagai kebijakan perang global melalui kebijakan perang global melawan terorisme di berbagai belahan dunia. Ia memotretnya dari lingkup dunia , kemudian menuju ke kawasan Asia Tenggara dan terakhir Indonesia.

Pengakuan-Pengakuan Syaikh Siti Jenar

Karya Argawi Kandito

Resensi ditulis Ali Nur Ichsan

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 Oktober 2011

Buku ini  adalah salah satu buku yang juga ikut meramaikan kisah jejak kehidupan Syaikh Siti Jenar yang sampai saat ini masih menyisahkan tanda tanya. Secara garis besar buku ini berisikan pengakuan-pengakuan Syaikh Siti Jenar yang disajikan dengan gamblang.  Seperti yang tertulis di halaman 13. Penulis buku ini mengakui bahwa “Buku ini saya tulis berdasarkan kontak langsung antara saya dan Syaikh Siti Jenar di alamnya sekarang. Saya mengklasifikasi apapun yang dilakukannya selama hidup didunia. Beberapa informasi awal yang dipahami masyarakat saya jadikan kunci untuk melakukan klarifikasi. Hasil klarifikasi itulah saya tulis dalam buku ini”.

Menguak Fenomena Mati Suri

Karya F Arifah

Resensi ditulis Hendro sugiantoro

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 Oktober 2011

Mati suri merupakan sebuah misteri. Buku ini mencoba memaparkan perihal mati suri ditinjau dari berbagai segi. Pengalaman subjektif orang mati suri berbeda-beda ada yang merasakan ketenangan dan kedamaian, ada yang mengaku berada diterowongan dengan cahaya diujungnya dan bersua dengan roh lainnya. Buku yang mencoba menguak soal mati suri ini bisa memperkaya wawasan meskipun tetap saja sulit menjelaskan secara gamblang.

Sjafruddin Prawiranegara Pemimpin Bangsa

Penyunting Lukman Hakiem, Mohammad Noer

Resensi ditulis Subroto

Dimuat REPUBLIKA, 23 Oktober 2011

Buku ini membahas Sjafruddin dari berbagai tema, mulai dari Pemerintah Darurat Indonesia (PDRI), juga mengenai Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI), otonomi daerah, ekonomi, hingga posisinya dalam bingkai sejarah Indonesia. Semua tokoh disini mengungkapkan pemikiran mereka terhadap sosok yang seharusnya dikenal sebagai presiden kedua Indonesia. Dalam semua tulisan di buku ini, semua membela Sjafruddin , bahkan tampak tak ada cela satu pun dalam diri Sjafruddin

Pluralisme Kewargaan; Arah Baru Polotik Keragaman di Indonesia

Karya Zainal Abidin Bagir, et.al

Resensi ditulis Munawir Aziz

Dimuat SUARA MERDEKA, 23 Oktober 2011

Buku ini menawarkan cara pandang alternatif terhadap realitas keragaman agama dan budaya Indonesia, serta kaitannya dengan kontestasi kuasa diruang publik. Penulis, dengan didasari riset yang mendalam atas topik pluralisme dan aplikasinya di negeri ini, mencoba menggali akar keragamaan agama, sebagai bagian penting dalam memaknai keindonesiaan. Buku ini pada intinya, menjadi analisis tanding (counter analys) atas realitas keragaman agama yang hanya ditafsirkan tunggal, yang sering dipakai untuk memaksakan kehendak dan kekerasan kepada kelompok lain.

Art of Stimulating Idea

Karya Bambang Trim

Resensi ditulis Bambang Trim

Dimuat TRIBUN JOGJA, 23 Oktober 2011

Dalam buku The Art of Stimulating Idea, dikupas tentang bagaimana menstimulus ide-ide penulisan. Ketika ide berseliweran sudah tertangkap segeralah menulis. Penulis mengungkapkan Anda adalah pemilik ide. Mungkin suatu saat ide Anda dihakimi orang lain dan dikatakan buruk atau tidak laku. Namun, hal ini masih asumsi segelintir orang yang belum tentu kebenarannya.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan