-->

Kronik Toggle

Diskusi Selimut Debu dan Garis Batas di SS

Apa yang pertama kali terpikir ketika mendengar Afghanistan disebut? Jika jawabannya adalah perang dan teroris. Maka Agustinus Wibowo akan memberikan pandangan yang berbeda.

Nama Agustinus bisa jadi masih sangat asing di telinga. Namun, bagi pecinta buku, Agustinus Wibowo memberikan kesan khas yang membius lewat susunan kata dan kalimatnya.

Selimut Debu dan Garis Batas merupakan buku perdana dan kedua pria kelahiran Lumajang Jawa Timur. Melalui kedua buku itulah, Agustinus ingin menyampaikan kondisi Afghanistan dan negara lainnya di Asia Tengah yang selama ini tidak banyak terungkap.

Perpustakaan Suara Surabaya bersama Akademi Berbagi Surabaya pun berkenan mengundang Agustinus dalam acara Bedah Buku dan Pemutaran Film bertema “Foto yang Bercerita”, Rabu (12/10/2011).

Sambutan peserta pun sangat antusias. Terbukti, hall Gedung Baru Suara Surabaya Media penuh dengan kalangan kampus dan pecinta buku.

“Kesan pertama saya ketika sampai di Afghanistan adalah perang dan debu. Debu adalah makanan sehari-hari mereka,” ucap Agustinus memulai diskusi.

Diskusi bedah buku diawali dengan pemutaran film atau lebih tepatnya foto yang bercerita. Meski hanya terdiri dari kumpulan foto perjalanan Agustinus selama menjadi backpaker sejak 2006, tapi membuat siapapun yang menyaksikan terperangah dan ingin merasakan pengalaman yang sama.

Heny anggota komunitas Goodreads mengaku kagum dengan karya Agustinus yang kini banyak menetap di Beijing sebagai travel writter dan fotografer. Baginya, dua buku Agustinus memberikan inspirasi dan persepsi yang berbeda tentang negeri-negeri di Asia Tengah seperti Afghanistan, Kazakhstan, Turkmenistan dan negara berakhiran stan lainnya.

Usai diskusi, Agustinus melayani belasan penggemarnya yang langsung meminta tanda tangan. Kesempatan ini pun dimanfaatkan Suara Surabaya untuk mendaulat Agustinus menjadi narasumber dalam program Muda Tapi Luar Biasa.(git)
*)suarasurabaya 13 Oktober 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan