-->

Kronik Toggle

Diluncurkan, Karya Bob Hasan "Mengapa Saya Sehat"

JAKARTA–Tubuh sehat di usia senja merupakan dambaan setiap orang. Apalagi jika usia sudah mencapai kepala delapan alias 80 tahun seperti Muhammad ”Bob” Hasan. Dalam usia ke-80, Bob Hasan masih rutin bermain golf lima kali seminggu. Untuk menjaga kebugaran, Bob Hasan ikut latihan bersama atlet atletik tiga kali seminggu.

Sebagai bentuk rasa syukur atas kesehatan yang diberikan Tuhan, Bob Hasan yang menjabat Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) meluncurkan buku berjudul Mengapa Saya Sehat, Minggu (30/10), di Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

”Saya berpikir, ada baiknya menulis sesuatu yang berguna bagi orang lain. Pepatah mengatakan, the winner writes history, the loser writes autobiography (pemenang membuat sejarah, pecundang membuat otobiografi),” kata mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan di era Presiden Soeharto itu.

Meriah

Acara peluncuran buku setebal 250 halaman yang diterbitkan Gatra Pustaka itu berlangsung meriah. Sahabat-sahabat Bob Hasan hadir dalam acara tersebut, antara lain mantan Menko Kesra dan Kepala BKKBN Haryono Suyono, mantan Kepala Badan Intelijen Strategis TNI Mayjen (Purn) Zacky Anwar Makarim, serta dari kalangan pengusaha Irwan Hidayat dan Mooryati Soedibyo. Para dokter yang pernah menangani Bob Hasan juga hadir.

Puluhan atlet atletik yunior dan senior, termasuk atlet pelatnas SEA Games XXVI/2011, bahkan mantan atlet, ikut hadir. Bob Hasan memang dekat dengan para atlet atletik. Hubungan mereka seperti bapak anak.

Salah satu bagian yang menarik dari buku tersebut mengungkapkan bahwa Bob Hasan lebih percaya kepada dokter dan rumah sakit dalam negeri daripada berobat ke luar negeri.

Menurut Bob Hasan, berobat di dalam negeri menghemat devisa dan dokternya tidak kalah hebat. Ia pun pernah menjalani operasi jantung di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Melalui buku tersebut, pembaca akan mengetahui bahwa Bob Hasan sangat mencintai olahraga. Sejak tahun 1970-an, Bob Hasan sudah menjadi pengurus Persatuan Golf Indonesia dan Ketua Umum PB PASI sejak 1978 sampai sekarang.

Bob Hasan tak segan membagi tips agar tubuh tetap sehat seperti dirinya, antara lain batasi karbohidrat, banyak makan sayur dan buah, rutin berolahraga, pilih makanan yang direbus, hindari makanan yang digoreng, dan hindari porsi makan yang besar.

Sumber: Kompas, 31 Oktober 2011, “Bob Hasan dan Rahasia Tubuh Sehat”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan