-->

Kronik Toggle

Banggar (Badan Anggaran) Gianyar Coret Usulan Perpustakaan

Gianyar (Bali Post) – Kendati banyak kritikan masyarakat terhadap tak populernya keberadaan perpustakaan di Kabupaten Gianyar, tak menyurutkan juga niat dari tim anggaran Pemkab Gianyar untuk mengalokasikan dana usulan perpustakaan di tahun mendatang. Untuk tahun 2012, usulan perpustakaan kembali dicoret oleh Tim Banggar (Badan Anggaran).

Sumber di Pemkab Gianyar, Selasa (4/10) kemarin menyebutkan, pencoretan usulan perpustakaan sekaligus rehab Kantor Arsip Daerah telah dikembalikan sebagaimana dengan kondisi anggaran di tahun 2011. Artinya, tahun 2012 harapan masyarakat Gianyar memiliki perpustakaan ideal masih tetap dalam impian.

Hal ini menunjukan bahwa program pemerintah dalam menumbuhkan minat baca masyarakat dengan menyediakan perpustakaan yang nyaman masih jauh dari harapan. Ketidakpopuleran dari keberadaan perpustakaan bukan saja diakui oleh masyarakat biasa. Sebelumnya, terhadap kondisi perpustakaan yang memprihatinkan, Ketua DPRD Gianyar Made Mahayastra saat usai HUT Kota Gianyar sempat melontarkan janji akan memperjuangkan dana rehab gedung atau pembuatan gedung baru di dalam anggaran 2012.

Waktu itu, Agus bahkan menyarankan langsung SKPD terkait untuk mengusulkan pada anggaran tahun 2012. Secara terpisah, Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Gianyar A.A. Marwati dikonfirmasi tidak menampik usulan rehab gedung atau pembuatan gedung baru perpustakaan di tahun 2012 ditolak. Dari penyampaian yang diberikan oleh Tim Banggar, usulan di tahun 2012 dikembalikan sebagaimana tahun 2011. Terkait dengan pecoretan tersebut, Marwati mengatakan belum melakukan perbaikan atas usulan yang ditolak tersebut.

Sementara dari catatan yang ada, usulan rehab maupun pembuatan gedung baru KPAD sudah dilakukan sejak tahun 2010. Waktu itu, KPAD masih dijabat oleh Ida Ayu Suci. Keberadaan perpustakaan yang masih numpang di kompleks gedung SDN 2 Tageltugu itu dipindahkan ke kantor KPAD di Jalan Ciung Wanara, sebelah timur Kantor Bupati, dekat dengan taman kota. Hanya, hingga kini dari usulan tersebut belum ada kabar. (kmb16)

*)Balipost 5 Oktober 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan