-->

Lainnya Toggle

Penulis Skenario James Bond Meninggal Dunia

Tom Mankiewicz, penulis skenario film James Bond, “Diamond Are Forever” dan “Live and Let Die” meninggal dalam usia 68 tahun.

Mankiewicz meninggal, Sabtu, di kediamannya setelah berjuang melawan kanker yang diidapnya. Dia sempat menjalanai operasi Whipple, untuk mengatasi kanker di bagian pankreas, tiga bulan lalu.


Dia merupakan anggota keluarga Mankiewicz legendaris Hollywood. Ayahnya Joseph L. Mankiewicz sutradara film-film klasik, di antara film garapannya “All About Eve,” “A Letter to Three Wives,” dan The Barefoot Contessa.” Dia juga keponakan penulis skenario
“Citizen Kane”, Herman J. Mankiewicz.

Tom Mankiewicz, selain menulis skenario juga menjadi sutradara film layar lebar “Dragnet” pada 1987 dibintangi Dan Aykroyd dan Tom Hanks, serta sutradara film serial televisi “Hart to Hart.”

Menurut sepupunya, Ben Mankiewicz, Senin, Tom Mankiewicz nampak sangat bersemangat ketika mereka makan siang pekan lalu. Dan, sudah tak sabar untuk kembali ke Universitas Chapman, tempat dia mengajar mata kuliah “Pembuatan Film” kepada mahasiswa pascasarjana.

“Dia penuh harap” kata Ben Mankiewicz. “Dia meninggalkan acara makan siang dengan perasaan sangat bagus. Dia sempat bercerita kisah John Wayne dan Michael Curtiz, serta bagaimana dia bersamaku bisa mendapatkan penghargaan “The Searches” John Ford.

Mankiewicz memulai karirnya sebagai asisten sutradara pada film terakhir Curtiz, “The Comancheros” pada tahun 1961. Pada 1970, dia diminta menulis ulang “Diamond Are Forever.” Dia juga menulis skenario “The Man with the Golden Gun” serta “The Spy Who Loved Me” dan Moonraker”.

Sutradara Richard Donner meminta Mankiewicz menulis ulang skrip film “Superman” pada 1978 dan pada 1980 menulis sekuel “Superman II”.

“Membuat ‘Superman’ hanya memungkinkan kalau ada Tom, sebab dia memiliki rasa humor tinggi dan membuat karakter tokoh menjadi hidup,” kata Donner.

Tom Mankiewicz hidup bersama saudara laki-lakinya Christopher, seorang produser film, saudara perempuannya Alexandra, keponakannya Jason, dan banyak sepupunya yang bekerja di industri film, televisi atau di bidang jurnalistik.

TELEGRAPH | CHOIRUL

*)Tempointeraktif, 3 Agustus 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan