-->

Kronik Toggle

E-Book Ancam Penulis Muda

Jakarta – Graham Swift, pemenang penghargaan Booker Prize 1996, mengatakan keberadaan buku digital (e-book) saat ini dapat mengancam keberadaan para penulis berbakat. Menurut dia, dengan format digital, penulis akan mendapatkan royalti yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan format buku tradisional.

Ia menuduh penjual berlindung di balik alasan digitalisasi untuk membayar penulis lebih rendah. “Ketika sesuatu dibuat dalam bentuk digital, ada kecenderungan untuk menganggapnya seperti udara yang bebas dihirup. Akhirnya, tak ada lagi penghargaan terhadap siapa yang membuatnya,” kata Swift dalam sebuah acara radio seperti dikutip Telegraph, Kamis, 18 Agustus 2011.

Kondisi “apa pun adalah milik siapa pun” ini, menurut dia, membuat para penjual buku digital girang karena tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai royalti untuk penulis buku tersebut.

“Para penulis hanya mendapat bagian kecil dari keuntungan penjualan buku mereka. Dan kupikir buku digital akan semakin memperkecil pendapatan mereka, kecuali bila para penulis ini mempertahankan asetnya secara mati-matian,” ujarnya menambahkan.

Swift sangat menyayangkan kondisi ini karena dapat membuat para penulis muda patah semangat menelurkan karyanya. “Bila para penulis muda potensial menyerah, maka kita akan mengalami kerugian besar,” katanya.

Sekarang bisnis buku digital memang mengalami pertumbuhan pesat. Pada awal tahun ini, situs Amazon, Amerika Serikat, mengumumkan angka penjualan dari Kindle e-reader telah mengalahkan buku tradisional. Nigel Newton, Chief Executive dari penerbitan Bloomsbury yang berlokasi di London, mengatakan 2011 adalah tahunnya buku digital.

Pembaca buku digital mengatakan salah satu hal yang mendorong mereka beralih ke buku digital adalah keberadaan perangkat digital yang semakin mendukung. Meski begitu, mereka mengakui rindu perasaan membolak-balik buku tradisional.

TELEGRAPH | RATNANING ASIH

*) Tempointeraktif, 18 Agustus 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan