-->

Kronik Toggle

Buku Digital Kini Disertai Efek Suara

Jakarta – Salah satu kekuatan novel dibanding produk storytelling berbasis audiovisual adalah terbentuknya theater of mind. Pembaca dapat dengan bebas membayangkan karakter tokoh maupun suasana dalam cerita.

Berniat membantu pembaca agar lebih masuk dalam isi cerita, penyedia buku digital yang berlokasi di New York, Booktrack, menyertakan musik pengiring dan efek suara ke dalam buku digital.

“Sangat menyenangkan dapat melihat bentuk baru dari media. Teknologi yang dimiliki Booktrack berpotensi memikat pembaca,” ujar investor Booktrack, Peter Thiel, yang juga merupakan pendiri PayPal, seperti dikutip dari situs resmi Booktrack, Kamis, 24 Agustus 2011.

Musik dan efek suara yang diputar pun mengikuti setting dalam cerita. Adegan para siswa Hogwarts menonton pertandingan Quidditch dalam novel Harry Potter, misalnya, akan diperkaya dengan sorakan anak-anak, peluit yang ditiup, dan juga efek suara yang menggambarkan sapu terbang yang melesat cepat. Atau bila pengguna sedang membaca Moby Dick, suasana pelabuhan akan dihadirkan melalui suara kecipak ombak dan peluit kapal di kejauhan.

Booktrack disertai dengan penanda yang berjalan dari atas ke bawah halaman yang mengikuti kecepatan pengguna dalam membaca sekaligus menandai musik yang sedang dimainkan. Bila penanda berada di baris yang menyebutkan “terdengar teriakan ketakutan seorang wanita”, maka saat itu juga muncul efek suara teriakan wanita.

Pengguna dapat mengatur fitur musik dan efek suara ini, misalnya mengulang ke baris sebelumnya, melakukan jeda, dan juga mengatur volume suara. Booktrack juga dilengkapi dengan link langsung ke Facebook bila ingin berbagi pengalamannya membaca buku digital ini.

Sayang, baru lima buku yang saat ini tersedia dalam Booktrack, namun 4 di antaranya, seperti The Adventure of Sherlock Holmes dan The Ugly Duckling dapat diunduh secara gratis. Empat buku lain, termasuk dongeng klasik Hensel and Gretel serta kisah petualangan Huckleberry Finn juga akan tersedia secepatnya di Booktrack.

Saat ini Booktrack baru tersedia untuk iPhone, iPad, dan iPod touch, dan selanjutnya akan tersedia juga untuk Samsung Galaxy Tab.

BOOKTRACK | APPLE | RATNANING ASIH

*)tempointeraktif, 25 Agustus 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan