-->

Kronik Toggle

Buku Daftar Aparat Indonesia yang Jadi Target OPM

Jayapura – Kepolisian Resor Kota Jayapura, Senin, 15 Agustus 2011, merilis nama-nama aparat keamanan Indonesia dari unsur kepolisian maupun TNI yang menjadi target operasi kelompok sipil bersenjata yang diduga Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Mereka yang menjadi target tersebut adalah Kepala Kepolisian Daerah Papua, Inspektur Jenderal Bigman Lumban Tobing; Kepala Kepolisian Sektor Abepura, Komisaris Polisi Arie S Sirait; Komandan Lanud Jayapura Kolonel PNB Andi Heru Wahyudi; serta Kepala Kepolisian Resor Kota Jayapura Ajun Komisaris Besar Polisi Imam Setiawan.

“Saya juga masuk dalam target mereka. Wah, itu terlalu. Saya ingin berhadapan langsung dengan mereka,” kata Imam Setiawan kepada wartawan di Jayapura, Senin, 15 Agustus 2011.

Imam menjelaskan, nama-nama tersebut diketahui dari milik kelompok sipil bersenjata itu. Para target tersebut sudah menjadi sasaran penembakan dalam operasi kelompok sipil bersenjata itu dalam setahun terakhir.

Namun, Imam menyatakan rasa anehnya karena justru yang menjadi korban penembakan selama ini lebih banyak menimpa warga sipil.

Selain empat nama tersebut, menurut Imam, sejumlah aparat di Kodam XVII Cenderawasih dan Reskrim Polda Papua juga dikabarkan menjadi target. Namun, yang tertera dalam buku kelompok itu adalah empat pejabat tersebut.

Kelompok bersenjata itu, kata Imam, akan melumpuhkan tergetnya berdasarkan prosedur tetap (Protap) yang diberlakukan kelompok tersebut. Namun, Imam meragukannya. ’’OPM tidak punya Protap. Mereka langsung menghabisi sasarannya,“ papar Imam.

Imam menegaskan, dengan adanya daftar nama aparat keamanan Indonesia yang menjadi target kelompok sipil bersenjata di Papua, operasi pengamanan di dalam kota maupun di tempat-tempat rawan akan ditingkatkan. “Mereka kerap masuk kota. Kalau sudah berbaur dengan masyarakat sulit dibedakan. Penjagaan dan patroli akan ditingkatkan.”

Ihwal pengamanan secara khusus terhadap mereka yang menjadi target, kata Imam, aparat kepolisian sudah melakukannya. “Karena saya juga jadi target, saya harus waspada,” ucapnya.

JERRY OMONA

*)Tempointeraktif, 15 Agustus 2011 dengan judul asli “Nama-nama Aparat Indonesia yang Jadi Target OPM”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan