-->

Resensi Toggle

Sepekan Resensi Blog Buku Pekan Kedua Juli 2011

Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah blog buku di Indonesia. Kabar Resensi ini disusun kontributor blog dari Bandung, HERNADI TANZIL dan dibacakan Ardyan M Erlangga.

The Miracle Endorphin

Karya: Dr. Sheigo Haruyama

Dimuat di blog : REVIEW http://trulyrudiono.blogspot.com/

Diposkan 10 Juli 2011

Setiap manusia tentunya ingin hidup sehat dan menikmati hidup dengan lebih lama. Dr. Sheigo Haruyama dalam buku ini mengemukakan bahwa rahasia hidup sehat dan berumur panjang adalah dengan menjaga keremajaan otak dengan cara terus memproduksi “hormon kebahagiaan (endorphin)” sebanyak mungkin melalui pikiran positif. Hormon kebahagiaan berkhasiat memperkuat daya tahan tubuh, menjaga sel otak tetap muda, melawan penuaan, menurunkan agresivitas dalam relasi antar manusia, meningkatkan semangat, daya tahan & kreativitas. Buku yang telah terjual 5 juta kopi di Jepang ini terdiri dari beberapa bagian. Bagian pembukaan mengupas mengenai penanganan medis pada titik pertemuan pengobatan ala timur dan barat. Bagian pertama membahas bukti medis manfaat dari berpikir positif. Bagian kedua mengenai mereka yang memperkuat otot, tak akan jatuh sakit. Bagian ketiga mengenai pola makan yang membuat otak awet muda. Bagian keempat membahas bagaimana otak senantiasa muda, usia bisa mencapai 125 tahun. Setiap bagian memberikan tips yang mudah diikuti.

Politik Infrastruktur Indonesia

Karya: Endi Rohendi Biaro

Dimuat di blog: Opini dan Resensi Buku http://opinibuku.wordpress.com/

Dopiskan tgl 9 Juli 2011

Alam mengamuk, negeri ini nyaris remuk. Sisi terjelas akibat natural dissaster (gangguan alam) itu adalah infrastruktur yang luluh lantak. Meninggalkan beban besar untuk semua pihak. Namun bukan berarti segalanya tamat. Justru kerusakan infrastruktur adalah pelajaran berharga. Dunia mencatat dengan detil, ketika Amerika Serikat, Eropa, dan paruh lain di berbagai belahan dunia hancur akibat perang, justru “proyek” pembangunan infrastruktur menjadi penyelamat. Indonesia, dengan segenap potensi yang meruah, dan juga pengalaman pahit akibat gempa-tsunami-banjir bisa bangkit dengan cara mengucurkan APBN dalam proporsi besar untuk proyek infrastruktur, memangkas rantai birokrasi yang terlalu panjang, memetakan tata ruang yang tepat, mengundang sebayak-banyaknya investasi asing, dan merangkul partisipasi publik di dalamnya. Buku ini dengan terperinci mengulas poin-poin tersebut.

The Prince and the Pauper

Karya: Mark Twain

Dimuat di blog Ulasan Buku Anak http://bacabukuanak.wordpress.com/

Diposkan tgl 9 juli 2011

Buku ini bercerita tentang dua anak berbeda nasib yang bertukar peran.Tom Canty, anak miskin yang lintang pukang mencari uang dan sering mengalami kekerasan di rumah dengan Pangeran Edward Tudor. Tom Canty, yang menjadi pangeran, dikira gila oleh seisi istana dan harus menekan ucapannya yang tidak mencerminkan jati diri seorang putra mahkota selain kemampuan berbahasa Latin yang baik. Di lain pihak,Pangeran adalah sosok istimewa. Ia tidak senang melihat rakyat diperlakukan kasar. Pangeran yang dikira pengemis gara-gara pakaiannya itu dihadapkan pada kenyataan bahwa rakyat masih banyak yang menderita. Tak seperti kebanyakan fiksi klasik, alur The Prince and the Pauper tergolong cepat. Mendebarkan juga, sehingga cocok untuk penggemar bacaan berbau petualangan.

The Heretic’s Daughter

Karya: Kathleen Kent

Dimuat di blog Surgabukuku http://surgabukuku.wordpress.com/

Diposkan tgl 09 Juli 2011

Tahun 1692 menandai salah satu episode terburuk dalam sejarah Amerika: insiden yang dikenal dengan istilah pengadilan penyihir Salem, terjadi di Massachusetts, Amerika Serikat. Insiden ini mengakibatkan ratusan lelaki, perempuan, dan anak-anak dituduh sebagai penyihir dan dipenjarakan, dan 20 orang dari mereka dihukum mati, sebagian besar dengan cara digantung. Buku yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan apik oleh Leinovar Bahfein ini secara brilian mencatat bagian sejarah kelam yang terjadi di Desa Salem tahun 1692. Berawal dari kelakuan aneh beberapa gadis yang mengaku bahwa mereka telah disihir, yang ditanggapi secara salah dan fatal oleh kaum Puritan, ditambah dengan pengadilan yang berat sebelah dan irasional, menghasilkan tragedi kemanusiaan yang menelan banyak jiwa tak bersalah.

A Little Princess

Karya: Frances Hodgson Burnett

Dimuat di blog Rak Buku Uphiet http://rakbukuuphiet.blogspot.com/

Diposkan tgl 8 juli 2011

Sara Crewe, gadis kecil punya segalanya. Tapi Sara bukan gadis kecil yang manja dan sombong. Sara adalah pribadi yang baik hati, keibuan, pantang menyerah, dan penuh semangat. Sara hanya hidup berdua dengan sang ayah di India. Untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik untuk putrinya, Captain Crewe membawa Sara ke sebuah sekolah asrama di Inggris. Hidup berlalu begitu sempurna, sampai kabar mengejutkan datang di hari ulang tahunnya. Ayahnya meninggal dunia dalam keadaan bangkrut dan tidak mewariskan apapun untuk Sara. Jalan cerita buku ini bagus dan banyak hal-hal baik yang disampaikan. Meskipun karakter Sara terlalu sempurna dan nyaris tanpa cela.

Robinson Crusoe

Karya Daniel Defoe

Dimuat di blog Review Buku http://hurufbuku.blogspot.com/

Diposkan tgl 8 Juli 2011

Robinson Crusoe benar lahir di sebuah keluarga yang mapan, jiwa petualangannya memanggilnya untuk mengembara – sesuatu yang tidak disetujui oleh ayahnya. Crusoe lalu melarikan diri dari rumah ayahnya dan bergabung dengan pelaut. Namun, kapal yang mereka tumpangi tenggelam, membunuh semua penumpang kecuali Crusoe yang selamat walau terdampar di sebuah pulau kosong. Robinson Crusoe bukan cerita mengenai bagaimana seseorang bertualang di laut melainkan tentang bagaimana seseorang harus bertahan hidup di kondisi yang paling sulit. Novel ini ditulis dengan gaya penulisan buku diary. Karena itu, alurnya sangat lambat,tidak terlalu banyak dialog di novel ini.  Perkembangan karakter Crusoe, dari yang mulanya labil menjadi jauh lebih matang, terungkap dalam potongan-potongan peristiwa yang dialaminya. Jika kita sabar membaca kalimat demi kalimat dalam novel ini, tanpa sadar akan mengendap dalam benak kita bagaimana seharusnya manusia menjalani hidup. Apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia agar memiliki karakter yang baik.

Berburu Misteri Alkemi

Dimuat di blog Buku Bermutu http://novalmaliki.blogspot.com/

Diposkan tgl 6 Juli 2011

Scott Mariani dalam buku ini berkisah tentang mantan pasukan elite Inggris, yang kemudian menjadi spesialis menemukan orang hilang bernama Ben Hope. Namun, kini ia dihadapkan pada tugas yang tidak biasa, mencari manuskrip alkemi atas permintaan seorang pengusaha tua dengan dalih untuk menyelamatkan cucu sang pengusaha bernama Ruth. Formula alkemi tersebut konon mampu memperpanjang usia manusia selain mengubah timah menjadi emas. Maka, dimulailah pencarian itu. Meski pada awalnya, Hope sendiri tidak percaya dengan segala hal yang berhubungan dengan Alkemi, namun melihat banyaknya pihak yang tertarik, sedikit demi sedikit ia mulai meyakini keberadaannya. (Tanzil/IBOEKOE)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan