-->

Kronik Toggle

Microsoft Bantu Dua Kontainer Buku untuk Wakatobi

KENDARI–Microsoft memberikan bantuan berupa dua kontainer buku untuk Perpustakaan Daerah Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Kita sudah mendapat surat pemberitahuan dari pengelola Yayasan Microsoft bahwa perusahaan penyedia piranti komputer terbesar di dunia itu akan menyalurkan dua kontainer buku,” kata Kepala Perpustakaan Daerah Wakatobi La Mego, di Kendari, Senin.

Menurut dia, buku yang akan disalurkan Microsoft terdiri atas buku-buku pengetahuan umum yang dicetak dalam bahasa Inggris. “Keberadaan buku-buku berbahasa Inggris itu akan memberi motivasi bagi masyarakat Wakatobi untuk belajar bahasa Inggris,” katanya.

La Mego mengatakan, setelah buku-buku bantuan dari Microsoft itu tiba, sebagian akan disalurkan ke perpustakaan di 100 desa yang sudah dibentuk di Wakatobi. Selain itu, buku-buku itu juga akan menambah koleksi di kapal perputakaan keliling milik Pemerintah Kabupaten Wakatobi.

“Kapal perpustakaan keliling ini melayani masyarakat yang kesehariannya lebih banyak beraktivitas di laut sebagai nelayan,” katanya.

Kabupaten Wakatobi merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang luas wilayahnya terdiri dari 97 persen laut dan daratan hanya tiga persen saja.

Penduduk kabupaten seluas 1,5 juta hektar itu sebagian besar hidup sebagai nelayan (90 persen), sedangkan sisa sebagai pedagang dan pegawai negeri sipil.

Oleh karena luas wilayahnya lebih banyak laut dibanding daratan tersebut, Pemkab Wakatobi menyediakan kapal perpustakaan keliling.

“Fungsi kapal perpustakaan keliling ini sama dengan mobil perpustakaan keliling yang beroperasi melayani masyarakat di daratan,” kata La Mego.

*)Antara, 13 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan