-->

Kronik Toggle

LIPI Dampingi Pengembangan Perpustakaan Digital

PEKALONGAN–Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendampingi pengembangan perpustakaan digital di Kota Pekalongan.

Kota Pekalongan merupakan satu dari dua proyek percontohan penerapan perpustakan digital yang didampingi LIPI. “Ada dua kabupaten/kota yang akan menjadi percontohan penerapan perpustakaan digital atau e-library, yakni Kota Pekalongan dan Jembrana,” terang Wali Kota M. Basyir Ahmad di sela-sela Penandatangan Kesepakatan Bersama Antara Pemerintah Kota Pekalongan dengan Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Jumat (15/7).

Penerapan dan pengembangan perpustakaan dengan sistem digital ini dinilai sangat penting dalam upaya menyelamatkan dokumen dan melindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual(HAKI).

Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Putut Irwan Pudjiono menjelaskan, pendokumentasian informasi penting artinya untuk menemukan kembali (menelusuri) sumber data dan informasi. Karena suatu saat, dokumen tersebut akan mempunyai nilai strategis.

Ia mencontohkan dokumen tentang motif batik. “Dengan mendokumentasikan motif batik, kita sudah menyelamatkan dan melindungi motif batik itu dari klaim pihak lain,” terangnya saat memaparkan perpustakaan digital di hadapan Wali Kota M. Basyir Ahmad di ruang transit baru, beberapa waktu lalu.

Sumber: Portal berita Suara Merdeka, 15 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan