-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi Pekan Pertama Juli 2011

KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia. Disusun oleh Ayah Hidayah.

berkahBerkah Kehidupan: 32 Kisah Inspiratif tentang Orangtua

Karya Baskara T Wardaya

Resensi ditulis J Sumardianta

Dimuat KOMPAS, 3 Juli 2011

Buku ini membahas antologi pengalaman orangtua dari 32 tokoh penggiat masalah publik dengan latar belakang berbeda: budayawan, tokoh agama, mantan tapol, sejarawan, seniman antropolog, rektor, intelektual, peneliti, sosiolog dan wartawan. Para tokoh itu menunjukan betapa keteladanan orangtua membuat hidup anak-anak memiliki visi dan nilai yang terbimbing. Antologi ini terkesan berat dan elitis. Belum memberi ruang berbagi kearifan orang biasa dalam mendidik keluarga mereka. Kendati demikian, testimoni pendidikan karakter dalam wajah paling manusiawi yang digarap sejarawan Baskar T Wardaya ini merupakan pionir.

Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

Karya Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup

Resensi ditulis Abd. Basid

Dimuat JAWA POS, 3 Juli 2011

Buku ini terdiri atas dua bagian. Bagian pertama tentang buku surat dan bagian kedua tentang perpustakaan. Bagian pertama berisi tulisan-tulisan surat sepasang adik-kakak sepupuan, Berit Boyum dan Nils Boyum Torgersen. Berit Boyum dan Nils Boyum Torgersen menggunakan buku surat itu untuk berkomunikasi satu dan yang lainnya. Sampai waktu yang lama pun seluruh arsip catatan tetap tersimpan rapi dan runtut. Sejak awal pembaca akan dibuat penasaran terhadap berbagai pengalaman yang mereka tulis. Apalagi keduanya menambahkan dugaan-dugaan teori, imajinasi, serta fantasi mereka masing-masing untuk mendapatkan titik terang semua misteri yang mereka hadapi. Sedangkan bagian kedua diceritakan saat-saat di mana keduanya akhirnya berkumpul kembali untuk memecahkan misteri itu. Hingga akhirnya mereka berhasil memasuki perpustakaan bawah tanah milik Bibbi Bokken.

Republika Rimba

Karya Ryan Sugiarto

Resensi ditulis Mochammad Said

Dimuat JAWA POS, 3 Juli 2011

Tak ada yang disebut dengan keadilan moral apalagi keberpihakan untuk si miskin atau si kecil karena hukum yang berlaku adalah persaingan bebas. Barang siapa yang tidak mampu bersaing, ia harus siap tersingkir dan terpinggirkan. Realitas kehidupan alam rimba itulah yang didedah dalam fabel Republik Rimba karya Ryan Sugiarto. Fabel ini adalah sebentuk metafor satiris dari tafsir pengarangnya atas kondisi republik ini.

Metodologi 6 Sigma

Karya Salahudin Muis

Resensi ditulis Hamimie

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 3 Juli 2011

Buku ini lebih pas di sebut sebagai buku pegangan kuliah manajemen. Karena konsep 6 Sigma yang diperkenalkan oleh perusahan kelas dunia Motorola ini merupakan metodologi meningkatkan kualitas produksi yang akhirnya mampu menghemat biaya produksi. Dan memahami isi materi 6 Sigma serta bagaimana menerapkannya secara tepat.

Putra Salju

Karya Salman el-Bahry

Resensi ditulis RR Masyithah

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 3 Juli 2011

Novel ini mengisahkan bocah yang bernama Mohammad Jusuf yang mempunyai nama kesayangan dari ibunya. Ia bergelar Putra Salju karena jasanya menyelamatkan arsip desa kala banjir. Dan aliran banjir bandang besar menjadi kisah yang mengawali novel ini. Dan sejak itu nama Putra menenggelamkan nama aslinya. Di sinilah perjalanan bocah Putra Salju itu dikemas dan kemudian ternyata menjadi ustad yang bertekad tidak akan berpoligami.

Jakarta Panduan Wisata Tanpa Mal

Karya Ade Mulyani dan Wieke Dwiharti

Resensi ditulis Susie Evidia Y

Dimuat REPUBLIKA, 3 Juli 2011

Ade dan Wieke memberikan judul pada buku mereka ini Jakarta Panduan Wisata Tanpa Mal. Bukannya mereka menjadi aliansi pembenci mal. Karena mal seolah sudah menjadi darah daging kehidupan warga Ibu Kota. Maka bagi Ade dan Wieke tempat wisata modern  itu sudah tidak perlu dijelaskan atau diperkenakan lagi. Sebelum mengupas tentang tempat wisata alternatif selain mal itu, buku ini diawali dengan sejarah berdirinya Jakarta. Dilengkapi dengan foto-foto Jakarta tempo jadul yang memikat.

The Becak Way, Ngudoroso Inspiratif di Jalan Becak

Karya Harry Van Yogya

Resensi ditulis T Nugroho Angkasa

Dimuat SUARA MERDEKA,  3 Juli 2011

Buku ini memuat kearifan hidup yang dilakoni Harry Van Yogya (HVY). Ia meyakini bahwa profesi yang digelutinya sejak 1990 merupakan ujung tombak pariwisata Jogja. Harry bukan sastrawan, akademis atau penulis profesional. Ia tukang becak yang sehari-hari mangkal di kawasan Kampung Turis, Prawirotaman, Yogyakarta. The Becak Way lebih merupakan kumpulan esai yang terdiri atas 10 bab. Buku ini layak menjadi bahan refleksi kita. Ternyata keterbatasan finansial bukan halangan bagi siapa saja yang tak kenal putus asa.

Takhta untuk Rakyat: Celah-Celah Kehidupan Sultan Hamengkubuwono IX

Karya Mohamad Roem | Mochtar Lubis |Kustiniyati Mochtar | S. Maimoen

Resensi ditulis Tea

Dimuat TRIBUN JOGJA, 3 Juli 2011

Buku ini mengisahkan seluruh perjalanan kehidupan Sultan HB IX, sejak dilahirkan di Keraton. Berjuang pada zaman kolonial Belanda, masa pendudukan Jepang, perang kemerdekaan, Orde lama, Orde Baru sampai kemudian dimakamkan diperbukitan Imogiri, pantai selatan Pulau Jawa. Peredaran yang luas bagi buku ini mencerminkan pengaruh Sultan Yogyakarta itu selama masa pengabdiannya, bukan hanya sebagai raja di wilayah kekuasaannya, melainkan juga sebagai pemimpin politik nasional dalam berbagai jabatan negara sejak masa awal kemerdekaan. (Ayah Hidayah/IBOEKOE)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan