-->

Kronik Toggle

Jabar Anggarkan Rp 1 Miliar Pengembangan Bahasa Sunda

BOGOR – Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pariwisata, dan Kebudayaan Jabar, Wiana Sundari mengatakan Pemprov Jabar sudah menganggarkan anggaran untuk pemeliharaan dan pengembangan bahasa daerah (Sunda).

Tahun ini Pemprov Jabar menganggarkan dana sebesar Rp 1 miliar atau naik lima kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 200 juta.

“Kenaikan anggaran ini cukup signifikan karena tahun ini ada penyelenggaraan kongres bahasa Sunda,” ujar Wiana saat ditemui wartawan di sela acara Kongres Basa Sunda IX, di Hotel Grand Jaya Raya, Cipayung, Kabupaten Bogor, Rabu (13/7/2011).

Adanya anggaran tersebut, kata Wiana menunjukan Pemprov Jabar sudah ada keberpihakan terhadap pengembangan dan pemeliharaan bahasa daerah (Sunda).

Anggaran tersebut sudah dianggarkan untuk berbagai kegiatan, seperti pembuatan buku bahasa Sunda, Cirebon, kamus bahasa Sunda dan Cirebon, serta pelatihan bahasa dan sastra, dan kegiatan lainnya.

Setiap tahun, lanjut Wiana, Disparbud Jabar melalui bidang kebudayaan selalu mengajukan anggaran untuk pemeliharaan dan pengembangan bahasa daerah (Sunda).

Pengajuan itu berdasarkan Perda No 5 tahun 2003 tentang bahasa, sastra, dan aksara daerah, serta UU No 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa, lambang negara, dan lagu kebangsaan.

*)Tribunnews, 13 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan