-->

Kronik Toggle

Hotel Prodeo Dilengkapi Perpustakaan

MENIMBA ilmu agama, bukan hanya bisa dilakukan di sekolah, pondok pesantren maupun majelis taklim. Di dalam penjara pun kalau punya niat belajar, pasti bisa.

Agar para pelaku kriminalitas ini bisa menimba ilmu di dalam tahanan sambil menunggu proses hukum selanjutnya, Polres Bandung berinisiatif membuat perpustakaan kecil di dalam tahanan. Perpustakaan kecil yang nantinya diisi buku-buku agama ini, selain dibangun di tahanan Mapolres Bandung, juga akan dibangun di polsek-polsek jajaran Polres Bandung.

Seperti diungkapkan Kapolres Bandung, AKBP Sony Sonjaya kepada “GM” belum lama ini. Pihaknya sengaja membangun perpustakaan kecil di tahanan, karena para tahanan terkadang membutuhkan masukan untuk menambah keimanan mereka. Dengan ada perpustakaan, diharapkan para tahanan ini bisa menimba ilmu dari membaca buku yang ada.

“Di dalam tahanan, biasanya seseorang tingkat keimanannya juga meningkat hingga butuh masukan. Makanya dengan adanya perpustakaan ini, diharapkan bisa mencukupi kebutuhan mereka terhadap ilmu agama. Lagipula daripada tidak ada kerjaan di dalam tahanan, lebih baik sambil baca-baca buku agama. ‘Kan bisa lebih bermanfaat sambil menunggu proses hukum selanjutnya,” jelasnya.

Yang lebih penting, kata Sony, dengan membaca buku agama ini, diharapkan saat keluar penjara mereka juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk mewujudkan perpustakaan tahanan ini, lanjut Sony, pihaknya kini sedang menyiapkan segala keperluan seperti tempat dan buku-bukunya. Pihaknya juga sudah memerintahkan kapolsek jajaran Polres Bandung untuk membuat perpustakaan serupa di tahanan mapolsek masing-masing.

Para kapolsek kini sedang menyiapkan segala keperluaannya. Seperti di Polsek Margahayu, petugas sekarang sedang menyiapkan tempat maupun buku-bukunya. “Sekarang saya sedang menyiapkan buku-bukunya. Walaupun tidak selengkap perpustakaan umumnya, tapi minimal bisa menambah ilmu dengan membaca buku-buku itu,” katanya. (dadang setiawan/ “GM”)**

Sumber: Portal berita Galamedia.com, 25 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan