-->

Kronik Toggle

Gerakan Drive Books Not Cars : Sebarkan Cinta Lewat Buku

Dimotori oleh para sukarelawan muda di kota Jakarta, gerakan ini bertujuan untuk mengumpulkan buku-buku bacaan selama bulan Ramadhan ini, untuk membantu anak-anak jalanan di Jakarta dan pelosok Flores, NTT.

Inisiatif dibalik gerakan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mengumpulkan dana untuk dua organisasi non-profit, yaitu “Sahabat Anak” – organisasi yang memberikan les pelajaran gratis untuk anak-anak jalanan, dan “Taman Bacaan Pelangi” – organisasi yang mendirikan perpustakaan-perpustakaan kecil dan gratis untuk anak-anak yang tinggal di desa-desa terpencil di Flores, NTT. Gerakan ini memberikan kesempatan unik bagi para sukarelawan, donor, dan masyarakat Jakarta untuk berkontribusi kembali kepada sesama.

“Gerakan “Drive Books, Not Cars” diharapkan dapat mengumpulkan 3.000 novel bekas berbahasa Inggris dan 4.000 buku bacaan anak-anak berbahasa Indonesia”, kata Scott Hanna, salah satu pendiri “Drive Books, Not Cars” yang juga merupakan Chairman of Young Professional Committee, American Chamber of Commerce (AMCHAM). Sedangkan momen Ramadhan dinilai sangat tepat untuk menjalankan kegiatan amal ini.

Yuk Berpartisipasi dalam Gerakan “Drive Books, Not Cars”!

Kamu dapat mengumpulkan buku-buku bacaan anak-anak berbahasa Indonesia dan novel berbahasa Inggris lalu menaruhnya di 40 titik (dropping point) yang tersebar di Jakarta mulai dari 25 Juli hingga 11 September. Selanjutnya, kamu dapat kembali pada 11 September di acara “Car Free Day” dan membeli buku-buku bekas yang berkualitas yang telah berhasil dikumpulkan dari ke-40 titik/lokasi dropping point tersebut. Pada hari yang sama, masyarakat pun dapat mengetahui lebih lanjut tentang kesempatan menjadi sukarelawan untuk Sahabat Anak dan Taman Bacaan Pelangi.

Dropping point (Kardus Buku) “Drive Books Not Cars” :

Kamu dapat menaruh buku-buku yang akan didonasikan di kardus buku “Drive Books Not Cars” di tempat-tempat berikut ini :

  • 20 outlet Starbucks di sepanjang Jalan Sudirman
  • 3 titik di Plaza Indonesia
  • sekretariat Bike2Work di dekat Pondok Indah
  • Kedutaan Besar Amerika Serikat di Menteng
  • Jakarta International School
  • Kedutaan Besar Australia di Jl Rasuna Said
  • 5 lokasi BlitzMegaplex
  • kantor The Jakarta Globe di Citra Graha Building (Jl Gatot Subroto)
  • Caz Bar di Mega Kuningan
  • Eastern Promise Restaurant di Kemang
  • The Habibie Center di Kemang.

####

Tentang Sahabat Anak

Komunitas Sahabat Anak menyediakan berbagai bentuk pendidikan informal bagi anak-anak jalanan di Jakarta dan sekitarnya. Dimotori oleh para sukarelawan muda, saat ini mereka menjalankan les/pelajaran tambahan gratis di 7 lokasi, 1 TK untuk anak-anak jalanan, 1 rumah transit dan 1 sekolah informal untuk remaja yang putus sekolah. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.sahabatanak.com atau telp (62 21) 3918505.

Tentang Taman Bacaan Pelangi

Taman Bacaan Pelangi adalah project sosial nirlaba untuk mendirikan taman bacaan/perpustakaan kecil untuk anak-anak dan gratis di daerah-daerah terpencil di Flores, NTT. Visi Taman Bacaan Pelangi adalah untuk mendirikan taman bacaan di desa-desa pelosok di daerah Timur Indonesia. Saat ini, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 17 perpustakaan kecil untuk anak-anak yang tinggal di desa-desa terpencil di Flores, NTT. Dengan menyediakan akses terhadap buku-buku bacaan anak yang berkualitas, Taman Bacaan Pelangi berusaha untuk menumbuhkan minat baca anak-anak Indonesia, khususnya anak yang tinggal di pelosok-pelosok daerah di Timur Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi http://tamanbacaanpelangi.com/.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Drive Books, Not Cars, kunjungi:

http://www.facebook.com/DriveBooksNotCars

Twitter: @drivebooksjkt

*) ciscadv.blogdetik.com 29 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan