-->

Kronik Toggle

Dibuka, Pesta Buku Jakarta (PBJ) 2011

JAKARTA – Setelah perayaan ke-484 ulang tahun Jakarta, Ibu Kota kembali dimeriahkan dengan Pesta Buku Jakarta (PBJ) 2011 oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta. Tahun ini, PBJ mengambil tema sangat inspiratif, yaitu “Buku Mengubah Hidupku”. Pameran ini memadukan unsur pendidikan, pameran, dan hiburan. “Perhelatan PBJ yang ke-21 ini menjadi momentum yang sangat berarti. Dengan tema ‘Buku Mengubah Hidupku’, sebuah tema yang bercerita tentang dahsyatnya pengaruh buku terhadap hidup dan kehidupan kita. Tema ini akan menjadi acuan utama dalam setiap aktifitas pameran baik dalam bentuk kegiatan atau acara maupun tampilan fisik pameran itu sendiri,” kata ketua panitia, Mappu Tutu, dalam sambutannya ketika membuka PBJ 2011, Sabtu (2/7/2011), di Istora, Senayan, Jakarta.

PBJ akan digelar selama sembilan hari (2-10 Juli 2011), mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 21.00 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pesta ini terasa meriah karena diikuti oleh lebih dari 200 penerbit, penyalur dan toko buku, perpustakaan, lembaga perbukuan, penerbit media massa, lembaga pendidikan, dan komunitas perbukuan.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto menyampaikan harapannya bagaimana pesta buku seperti ini dapat digelar sesering mungkin. Karena dapat membantu masyarakat dan sebagai upaya menyampaikan manfaat-manfaat yang terkandung di dalam buku. “Bagaimana pesta buku ini bisa sering-sering digelar, karena pesta seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat. Bisa juga sebagai tempat wisata liburan sekolah bagi anak-anak, karena hal-hal yang bersifat abadi ada di dalam buku,” ujar Prijanto.

PBJ 2011 menyajikan berbagai buku dengan beragam tema, mulai dari buku anak dan remaja, buku umum, buku pelajaran dan sebagainya. Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan diskon yang melimpah hingga 70 persen. Selain itu, sejumlah acara juga akan digelar untuk menambah wawasan dan menghibur pengunjung PBJ 2011. Seperti peluncuran buku, bedah buku, talkshow dan jumpa penulis, lomba konser drum band, fun bike with book, lomba mewarnai, lomba membuat komik dan acara-acara pendukung lainnya.

Sumber:  Portal Berita Kompas, 2 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan