-->

Tokoh Toggle

Diablo Cody, Penulis Skenario Kaliber Oscar

Nama Diablo Cody mulai dikenal di dunia perfilman lantaran skenario film yang dia tulis, Juno (2007), berhasil memenangkan piala Oscar. Siapa sangka, perempuan bernama asli Brook Busey-Hunt itu ternyata dulu berprofesi sebagai penari telanjang alias stripper.

Dilahirkan di Illinois, Amerika Serikat, pada 14 Juni 1978, perempuan satu ini diakui sebagai salah satu penulis skenario, blogger, dan jurnalis berbakat. Saat ini, Cody sedang terlibat proyek terbaru dan diminta menulis ulang naskah film horor berjudul The Evil Dead yang bakal dibesut sutradara Sam Raimi.

Sebelum beken di industri perfilman, Cody dikenal karena ia secara sembunyi-sembunyi mencatat tahun yang dihabiskannya sebagai seorang penari telanjang dalam blog berjudul Pussy Ranch. Pengalaman yang sama ia tuangkan ke dalam buku memoarnya berjudul Candy Girl: A Year in the Life of an Unlikely Stripper (2006).

Tapi, Cody baru menerima pengakuan dunia atas skenarionya untuk film Juno pada 2007, yang berhasil menyabet Academy Award untuk skenario asli terbaik. Selain itu, ia juga menciptakan sebuah sitkom berjudul United States of Tara yang didasarkan pada ide sutradara Steven Spielberg.

Sebagai lulusan perguruan tinggi dengan gelar dalam studi media, Cody menghabiskan masa-masa awal kariernya dengan melakukan pekerjaan administrasi di sebuah perusahaan Chicago yang bangkrut. Namun, perempuan yang mengambil nama penanya setelah mendengarkan lagu berjudul El Diablo dari grup band Arcadia secara berulang kali, ini menemukan dirinya tertarik oleh unsur-unsur kehidupan malam yang kelam.

Penari telanjang
Cody akhirnya memutuskan berhenti dari pekerjaan dan memilih bergabung dengan sebuah klub malam Minneapolis, untuk menjadi penari telanjang penuh waktu. Dengan selera humornya yang tinggi dan wawasannya yang tajam ke dalam jiwa massa industri seks, perempuan yang kini berusia 33 tahun itu menuliskan pengalaman dunia malamnya yang gemerlap ke dalam blog pribadi serta berbagai kolom media massa.

Setelah selesai dengan proyek bukunya, Cody lantas menerima tawaran menulis skenario sebuah drama komedi, Juno, yang berbuah kesuksesan besar. Selain menjadi runner-up untuk People’s Choice Award di perayaan bergengsi Toronto Film Festival, Juno juga memberikannya penghargaan Breakthrough Screenwriter di Hollywood Film Festival, sebuah nominasi Golden Globe dan Writers Guild, serta piala Oscar.

Di samping menulis beberapa skenario film lain seperti Girly Style dan Jennifer’s Body, Cody juga menulis serial televisi berjudul The United States of Tara sebuah komedi yang dibintangi Toni Collette tentang seorang ibu dengan gangguan kepribadian ganda. Kini, Cody menetap di Los Angeles dan berhasrat untuk menjadi seorang sutradara. (Yul/OL-06)

Sumber: Portal Berita mediaindonesia.com, diposkan 19 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan