-->

Kronik Toggle

Busyro Luncurkan Buku Hegemoni Rezim Intelijen

Yogyakarta – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Busyro Muqoddas meluncurkan buku berjudul Hegemoni Rezim Intelijen, Sisi Gelap Peradilan Kasus Komando Jihad. Buku tersebut merupakan disertasi Busyro saat menempuh S3 doktor ilmu hukum di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII).

Acara launching dilakukan di kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Di Jl Cik Ditiro, Yogyakarta, Sabtu (16/7/2011). Buku setebal 472 halaman yang merupakan disertasi Busyro ini diterbitkan oleh Pusat Studi HAM UII.

Hadir dalam acara ini penulis buku Busyro Muqoddas, mantan Kepala BIN AM Hendro Priyono, sekretaris umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, anggota Komisi Yudisial Suparman Marzuki dan kepala MPM Muhammadiyah Said Tuhuleley.

Hendro Priyono sebagai pembahas dalam buku itu mengatakan pengalamannya ikut dalam pemerintahan tiga presiden yakni zaman Soeharto, Habibie dan Megawati, tugas intelijen di Indonesia masih rancu, terutama dalam penanganan di dalam negeri. Intelijen luar kata dia, berdasarkan pengalamannya ada pembagian tugas yang jelas.

“Contohnya di Amerika Serikat, CIA itu menangani luar negeri sedang dalam negeri atau internal FBI,” katanya.

Karena masih adanya pembagian kerja yang masih rancu itu bisa memunculkan peluang bermain dalam kekuasaan. Soal Komando Jihad (Koji) yang muncul pada tahun 1980-an Hendropriyono mengaku tidak terlalu banyak mengetahui karena masih bertugas sebagai anggota Koppasus di Timor Timur. Dirinya baru tahu soal itu dari surat kabar.

“Saya baru bersentuhan setelah masuk jadi asintel kodam jaya sampai kasus Lampung,” katanya.

Menurut dia berdasarkan pengalamannya di dunia intelijen, dia tidak sependapat dengan tulisan Busyro yang menyatakan ada rekayasa atau campur tangan pemerintah (Ali Murtopo) dalam kasus komando jihad.

“Prinsip intelijen itu cepat, tepat dan jujur kalau ada rekayasa itu bukan prinsip intelijen,” katanya.

(bgs/mpr)

*)Detik, 16 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan