-->

Kronik Toggle

Buku Dongeng Lebih Hidup di Perangkat Tablet

Membacakan buku dongeng secara manual kepada anak memang rutinitas yang menyenangkan sebelum tidur. Namun, jika Anda harus meninggalkan anak ke luar kota dan tak bisa membacakan dongeng sebelum tidur, aplikasi buku untuk anak di iPad bisa jadi solusi saat ini.

Aplikasi buku dongeng yang sudah tersedia di iPad di antaranya buku “The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore” (5 dollar AS), “Angelina Ballerina’s New Ballet Teacher” (1 dollar AS), “The Wrong Side of the Bed in 3D” (3 dollar AS), “Oh, the Thinks You Can Think!” (4 dollar AS), dan “Cars 2 Storybook Deluxe” (6 dollar AS).

Harga buku-buku digital ini lebih murah dari harga buku tradisional. Meski demikian, teks dan ilustrasi lebih hidup karena berbentuk tiga dimensi. Buku-buku interaktif untuk komputer tablet memang lebih menarik perhatian anak-anak dibandingkan game.

Hal yang pertama yang harus dingat saat membeli buku anak-anak di iPad adalah buku-buku ini juga tersedia untuk iPhone dan iPod Touch. Ada dua tempat untuk membeli buku ini yakni di iTunes App Store dan di iTunes Books Store. Pengguna iPad bisa membeli dari iTunes Books Store karena memiliki kategori khusus untuk anak dan remaja, serta menyediakan buku-buku anak bergambar.

Aplikasi dalam kategori tersebut menyediakan 41.000 buku yang mencakup suara, animasi, atau grafis yang merespon sentuhan pembaca. Hal ini bisa membantu anak-anak membaca buku secara interaktif dengan melibatkan mata, telinga, dan tangannya.

Apple juga memberi bantuan kepada orang tua untuk memilih buku-buku berkualitas. Terdapat pilihan servis review buku bernama Kirkus yang membantu orang tua mengetahui isi buku sebelum membelinya. Ada pula halaman web yang berisi daftar buku iPad terbaik bagi anak sepanjang tahun 2010.

*)Kompas, 4 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan