-->

Kronik Toggle

Berbagi Kiat Memilih Buku Cerita Anak

BUKU merupakan sumber ilmu yang tiada habisnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengedukasi anak-anak untuk memilih buku yang sesuai dengan usia, perkembangan karakter dan jiwa mereka.

Hal inilah yang diangkat Telkom Speedy (PT Telekomunikasi Indonesia Tbk) bekerjasama dengan KidZania Jakarta (PT Aryan Indonesia) dengan menyelenggarakan kegiatan coaching clinic dalam rangka merayakan Hari Anak Nasional dengan mengetengahkan tema “Kiat Memilih Buku Cerita untuk si Kecil”.

Acara sekaligus merupakan kegiatan peluncuran komik berjudul ”Petualangan Si Hebring”, komik dengan tokoh super hero asli Indonesia, yang disponsori oleh Telkom Speedy. Acara berlangsung pada Sabtu, 23 Juli 2011, pukul 09.00-13.00 WIB, di The Metropolitan Theater of KidZania Jakarta.

Dalam kata sambutannya, Ari Kartika selaku GM Marketing Partnership &  Communication KidZania Jakarta mengatakan bahwa anak-anak Indonesia kini lebih menyukai kisah yang dengan alur cerita yang lebih runtut dan sederhana, karakter simpatik, klimaks cerita yang jelas dan menarik. Cerita dengan ilustrasi gambar dibutuhkan anak yang sedang memasuki fase belajar membaca. Gambar membantu anak memperkuat imajinasi cerita.

Komik Petualangan si Hebring bagus untuk menjadi pilihan buku bacaan untuk anak-anak usia sedang belajar menulis dan membaca karena kesederhanaannya. Kerjasama KidZania dan Telkom Speedy menyelenggarakan kegiatan coaching clinic ini merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia mengenai pentingnya orangtua untuk selalu mendampingi dan membimbing anak dalam proses belajar, khususnya membaca.

Dengan memberikan wawasan kepada anak-anak melalui aktivitas di establishment Speedy Digital Learning Center, dan memperkenalkan cerita komik, kami berharap anak-anak Indonesia menjadi mudah memahami profesi animator dan penulis buku cerita komik. Selain dampak dan pengaruh positif yang diperoleh dari membaca cerita komik dan menonton animasi yang karakter tokohnya baik dan dapat menjadi teladan, bukan merupakan suatu hal yang tidak mungkin anak-anak Indonesia kelak tertarik menggeluti bidang pekerjaan yang terkait dengan hal ini.

Sementara, Komang Budi Aryasa selaku SM Content Incubation and Aggregation Telkom Indonesia menyatakan, hal tersebut bisa dilihat dari pesatnya pertumbuhan angka pengguna internet di Indonesia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Internet merupakan dunia tanpa batas, di mana konten negatif banyak tersebar di dalamnya.

Komik digital si Hebring lahir dari program indigo fellowship yang merupakan wujud dukungan Telkom Indonesia terhadap industri kreatif digital di Indonesia. Komik Hebring lahir sebagai salah satu hasil karya anak bangsa di tengah-tengah maraknya komik asing dan juga demam super hero yang melanda masyarakat di Indonesia.

Hebring diharapkan dapat mendorong lahirnya minat para kreatif digital di Indonesia untuk menghasilkan karya yang bermutu dan berani untuk mempublikasikan hasil karyanya, sehingga dunia komik di Indonesia bisa bangkit dan siap bersaing dengan karya asing.

Pada acara coaching clinic kali ini, Telkom Speedy dan KidZania menghadirkan bintang tamu pasangan suami istri, Andi Martin dan Marlin Sugama, penulis komik ”Petualangan si Hebring” untuk berbagi gagasan, bagaimana orangtua dapat memanfaatkan komik sebagai bahan bacaan bagi anak, untuk mencontohkan tokoh dan karakter baik yang patut ditiru oleh anak.

Pada kesempatan ini, hadir pula Sri Safitri selaku SM Internal Channel Delivery & Service Alliance Telkom Indonesia, pakar IT dan konten digital, yang menjelaskan komik “Petualangan si Hebring” aman untuk anak-anak. Selain itu, hadir juga Bening Lara yang dikenal sebagai children coach sekaligus seorang figur ibu, yang akan berbagi pengalamannya dalam membesarkan dan mendidik anak-anaknya sekaligus memberikan kiat dalam mengarahkan dan memilih buku-buku bacaan, termasuk komik yang penokohannya bagus dan mendidik.

Seusai coaching clinic, acara dilanjutkan dengan kegiatan seru yaitu lomba pencarian laptop ajaib bersama maskot si Hebring, yang diselenggarakan khusus bagi anak-anak pengunjung KidZania Jakarta, yang digelar di penghujung acara. Berbagai bingkisan menarik dari Telkom Speedy dan KidZania telah disiapkan untuk para pemenang lomba.

Establishment Speedy Digital Learning Center KidZania kini telah menjadi tempat favorit, memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk membuat animasi digital berdasarkan pengalaman langsung dari kehidupan nyata (active learning and first-hand role play experience) semenjak usia dini.

(ftr)

*)Okezone 24 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan