-->

Kronik Toggle

Ayo, Berbagi Data Buku di Situs Ini!

BOGOR– Pustakawan Institut Pertanian Bogor (IPB) B Mustaffa mengatakan, sumber daya pustakawan di berbagai perpustakaan di Indonesia masih minim. Hal ini berpengaruh pada identifikasi dan pencatatan koleksi buku. Diperkirakan, hanya sekitar lima persen dari seluruh perpustakaan memiliki pustakawan yang berkualifikasi baik. Mustafa mengatakan, berbagi data berbagai koleksi buku bisa dilakukan melalui situs www.copycataloging.com.

“Kami hendak mendorong agar berbagai universitas berbagi data katalog buku. Jadi, kalau ada 10.000 buku dicetak dan berada di 10.000 perpustakaan, tidak harus masing-masing membuat katalog karena menyulitkan dan belum tentu benar,” kata pemrakarsa “Deklarasi Komitmen Perpustakaan Berbagi Database” ini, Rabu (6/7/2011).

Saat ini, menurut Mustaffa, baru terdata sekitar 60.000 buku yang sudah masuk katalog di situs tak berbayar itu. Padahal, saat ini terdapat sekitar 10.000 perpustakaan yang dimiliki perguruan tinggi, 500.000 perpustakaan sekolah, serta 500-an perpustakaan kabupaten dan kota

*)KOmpasonline, 6 Juli 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan