-->

Kronik Toggle

Sejumlah Penulis Asing Berbagi Ilmu

224659_214845861873945_177232998968565_794323_827906_n

MAKASSAR, KOMPAS – Sejumlah penulis internasional akan berbagi ilmu dan pengalaman dalam Makassar International Writers Festival pada 14-17 Juni ini. Karena itu, kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi mereka yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam menulis.

Direktur Makassar International Writers Festival Lily Yulianti Farid, Selasa (14/6), mengatakan, ajang yang pertama kali digelar ini bertujuan menumbuhkan atmosfer menulis dan membaca di kalangan masyarakat. Festival ini juga diharapkan menjadi ajang interaksi antara penulis lokal dan penulis berkaliber internasional.

”Banyak pengalaman yang dapat dipetik karena para penulis asing yang kami undang adalah anggota Writers Unlimited,” kata Lily. Writers Unlimited adalah jaringan para penulis dunia yang secara rutin mengadakan tur ke sejumlah negara untuk berinteraksi dan bertukar informasi.

Beberapa penulis dunia yang hadir adalah Rodaan Al Galidi (Irak), Maaza Mengiste (Etiopia), Abeer Soliman (Mesir), Gunduz Vassaf (Turki), dan Janet deNeefe (Australia). Mereka merupakan penulis muda yang tengah naik daun di Eropa dan Amerika Serikat. Adapun Janet adalah penggagas event tahunan Ubud Writers and Readers Festival yang telah berlangsung delapan tahun. Sebelum tiba di Makassar, Sulawesi Selatan, para penulis internasional itu mengunjungi Malaysia.

Di festival ini mereka akan memperkenalkan karya sastra dan mengunjungi Pulau Barranglompo (Makassar) dan Galesong di Kabupaten Takalar. Hal ini untuk mengenalkan kebudayaan Bugis-Makassar.

Dalam pembukaan Makassar International Writers Festival, Selasa, penyair Sapardi Djoko Damono membacakan delapan puisi bertema ”I La Galigo”. Pembacaan puisi itu, menurut Sapardi, untuk menghormati mendiang penerjemah epos La Galigo, Muhammad Salim. (RIZ)

Sumber: Portal berita Kompas.com, 15 Juni 2011. Disalin dari Batukar.info

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan