-->

Kronik Toggle

PLN Bantu Rumah Pintar dan Perpustakaan Daerah

SANGGAU–PLN Cabang Sanggau telah menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa buku-buku kepada Rumah Pintar Entikong dan Perpustakaan Daerah.Penyerahan CSR tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2011 lalu di Komplek Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Entikong, bersamaan dengan launching GRASSS (Gerakan Sehari Sejuta Sambungan) Tahap Dua Kalbar.

Bantuah diserahkan GM PLN Wilayah Kalbar Bambang Budiarto kepada Ny Ade Heri Kurniawan dari Rumah Pintar Entikong dan Uni Suarno Alam dari Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sanggau.

Di tempat terpisah, Manager PLN Cabang Sanggau Arif Pramudya melalui Asisten Manager SDM dan Administrasi mengatakan, penyaluran CSR ini telah menjadi ketentuan bagi para pelaku usaha sesuai dengan aturan yang ada.

“CSR dari PLN untuk Rumah Pintar Entikong dan Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sanggau itu adalah sebagai wujud dukungan terhadap program pemerintah dalam rangka mengkampanyekan gemar membaca masyarakat,” ujar Yudi.

Aturan penyaluran CSR itu diantaranya terdapat dalam Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor: Per.05/MBU/2007 tentang Aturan Program Kemitraan. Seperti termaktub dalam pasal 1 ayat (6) yang membahas soal bantuan terhadap peningkatan usaha kecil dan program bina lingkungan (BL).

Disebutkan, yang menjadi ruang lingkup BL seperti yang diatur dalam pasal 11 ayat (2) huruf (E) meliputi bantuan terhadap korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, peningkatan kesehatan, pengembangan sarana dan prasarana umum, bantuan sarana ibadah dan bantuan pelestarian alam.

Selain itu, lanjut Usman, peraturan tentang Perseroan Terbatas (PT), yakni Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, bahwa dalam pasal 74 ayat (1) mengatur tentang kewajiban dan tanggung jawab social dan lingkungan bagi perseroan yang menangani bidang atau berkaitan dengan Sumber Daya Alam (SDA), juga ayat (2) soal perhitungan biaya dan asas kepatutan serta kewajaran.Selain itu, masih ada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal, pasal 15 huruf (b) mensyaratkan setiap penanam modal berkewajiban melaksanakan tanggung jawab social perusahaannya.(nto)

Sumber: Portal berita Pontianak Post, 22 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan