-->

Kronik Toggle

Pikirkan Pendirian Taman Bacaan di Mall

eko-cahyono

JABUNG | SURYA – Keberhasilan meningkatkan minat baca lewat taman bacaan masyarakat (TMB) yang didirikan membuat Eko Cahyono yang memiliki perpustakaan Anak Bangsa di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, meraih juara pertama nasional taman bacaan kreatif dan rekreatif 2011. Ia berhasil memboyong piala dari Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) beberapa waktu lalu setelah mengalahkan 5.000 TBM yang ada.

“Saya terharu karena tidak menyangka mendapatkan ini,” kata Eko Cahyono kepada Surya, Minggu (12/6). Piala yang diberikan di Hotel Utami Sidoarjo lalu menjadikan Eko Cahyono mendapat perhatian dari Dewi Hughes, Duta TBM.

Diungkapkan Eko Cahyono, duta TBM Dewi Hughes menyarankan dia mendirikan TBM di mal-mal. “Menurut Hughes, ada anggaran dari Kemendiknas untuk itu,” jelas Eko Cahyono.

Apalagi TBM yang dia dirikan kini sudah banyak memiliki prestasi dan menarik perhatian banyak pihak, sehingga perlu melirik tempat lain. Saat ini, TBM yang berdiri di mal baru sebanyak 25 buah. Biasanya pengelola TBM bekerja sama dengan pengelola mal. Buku-buku yang disiapkan juga gratis untuk dibaca pengunjung mal, sehingga tak jarang memberi nilai lebih pada mal itu sendiri karena ramai. Salah satu TBM di mal yang besar dan ramai dikunjungi adalah milik mantan penyanyi cilik, Dina Mariana, di Jakarta.

Anggaran dari Kemendiknas diperuntukkan untuk pengisian TBM. “Sekarang, saya masih membantu menyumbang buku di 10 tempat TBM. Kalau pendirian TBM di mal, perlu saya pikirkan lagi,” ujar Eko.

Menurut Eko, sumbangan buku ke TBM yang dikelolanya berkat keuletan dan prestasinya. Ia menerima banyak kiriman buku untuk menambah koleksi perpustakaannya. “Saya juga membantu buku-buku di kecamatan yang ada TBM-nya seperti di Poncokusumo, Dau, Wagir, Tumpang, Lawang, hingga perpustakaan SMK yang ada di Kecamatan Pakis,” papar Eko.

Kini koleksi buku di TBM Eko sudah mencapai 35.000 buku dengan jumlah anggota sebanyak 11.000 orang. Konsep ke depan TBM-nya nanti adalah menjadikannya sebagai taman ilmu. Setelah berhasil meraih juara nasional, TBM Eko yang semula belum permanen dalam waktu dekat akan menempati gedung permanen.

Sumber: Portal berita Surya Online, 13 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan