-->

Lainnya Toggle

Naskah Musik Langka Karya Mozart Ditemukan

Naskah musik langka yang berisi sejumlah karya Mozart ditemukan di belakang sebuah toko amal di London, Inggris.

Seorang relawan, Elestr Lee, guru musik, menemukannya ketika membersihkan bagian belakang Toko Oxfam Music Shop di Reading.

Koleksi enam sonata pendek untuk piano dan biola itu ditulis Mozart pada tahun 1765. Saat itu, Mozart yang baru berusia delapan tahun tengah mengunjungi London.

Sejumlah 31 lembaran itu lantas dipersembahkan kepada Ratu Charlotte, istri Raja George III, saat dilelang di Sotheby’s pada Rabu lalu. Dari lelang itu, Oxfam meraih sekitar 3.000 poundsterling atau sekitar Rp 41,9 juta.

Manager toko, Paul Hunter, mengatakan bahwa tanpa ketajaman relawan, naskah itu mungkin tidak pernah akan terungkap. “Saya tidak yakin saya akan menyadari itu,” ujarnya seperti dikutip dari Daily Mail, 2 Juni 2011. Naskah itu sudah lusuh dan diplester. “Kami beruntung memiliki Elestr,” ujar Hunter.

Elestr adalah seorang guru dan ahli naskah musik. “Ketika dia (Elestr) meneliti itu, dia menemukan bahwa naskah hanya ada satu salinannya di dunia,” ujar Hunter.

Lembaran itu sebenarnya diberikan untuk Toko Newbury. Namun, sekitar satu bulan lalu, naskah itu diberikan ke Reading bersama beragam lembar naskah musik lainnya. “Sebelumnya, kami memiliki banyak rekaman musik klasik, tapi kami belum pernah memiliki jenis ini,” kata Hunter.

DAILY MAIL| LIS Y

*)Tempointeraktif, 3 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan