-->

Kronik Toggle

Lomba Perpustakaan SD Tingkatkan Prestasi Siswa

INDRAMAYU (Suara Karya): Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu menggelar lomba perpustakaan sekolah dasar (SD) dalam rangka memotivasi siswa membiasakan memberdayakan keberadaan perpustakaan.

Kebiasaan membaca buku-buku ilmu pengetahuan di perpustakaan diyakini akan bermanfaat dalam peningkatan kualitas pendididikan dan prestasi siswa.

Demikian diutarakan Kepala Dinas Pendidikan Indramayu H Muhammad Rakhmat, MH, melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dr Akil ketika dikonfirmasi Suara Karya di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Ia menjelaskan, ada beberapa kriteria aspek penilaian lomba perpustakaan tersebut. Kriteria dimaksud mulai dari profil perpustakaan SD, penilaian penertiban katalogisasi, tentang ketatausahaan perpustakaan, hingga implikasi pengelolaan perpustakaan bagi peningkatan kualitas pembelajaran.

“Dengan adanya lomba perpustakaan, maka semua siswa diharapkan untuk membiasakan membaca buku sebagai dasar ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kelangsungan proses belajar,” kata Akil.

Lomba yang diikuti 31 SD itu berlangsung dari 23 Mei hingga 11 Juni 2011. Ini program rutin setiap tahun yang digelar Dinas Pendidikan Indramayu untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Indramayu.

Sekolah yang ikut adalah sekolah-sekolah unggulan pada setiap unit pelaksana teknis dinas (UPTD) pendidikan di tingkat kecamatan. “Kami ingin memainkan peran penting meningkatkan sumber daya manusia (SDM di Indramayu,” kata Akil. (Kusyana)

Sumber: Situs berita Suara Karya, 6 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan