-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi Pekan Awal Juni di Blog Buku

Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah blog buku di Indonesia. Kabar Resensi ini disusun kontributor blog dari Bandung, HERNADI TANZIL.

Tak Bersalah (The Innocent Man)

karya John Grisham
Dimuat di Blog: Baca Buku Fanda http://bukufanda.blogspot.com/
Diposkan, 2 Juni 2011

7 Desember 1982, sebuah pembunuhan terjadi di Ada, sebuah kota kecil di negara bagian Oklahoma, Amerika. Korbannya gadis bernama Debbie Carter, seorang waitress di bar bernama Coachlight. Keesokan harinya Debbie ditemukan tak bernyawa setelah diperkosa di apartemennya sendiri. Karena tak kunjung menuntaskan kasus ini polisi segera menjadi depresi dan segera mengeluarkan “kreativitas” mereka dengan menyeret Ron Williamson yang sudah terkenal sebagai “troublemaker” karena suka mabuk-mabukan dan membuat keributan di bar. Yang membuat buku ini terasa spesial adalah foto-foto mereka yang tersangkut dalam cerita ini. Salut pada John Grisham yang keluar dari kebiasannya menulis fiksi. Ketidak adilan yang dialami orang-orang yang nyata, justru akan menjungkir balikkan emosi anda, dan akhirnya membuat buku ini semakin melekat di hati anda. Empat bintang untukmu John!

Matahari Terbit dan Tirai Bambu; Persaingan Dagang Jepang-Cina di Jawa Pada Masa Krisis 1930-an dan 1990-an
karya Nawiyanto
Dimuat di Blog Merenda Kata Mengukir Makna http://bertualangkata.blogspot.com/
Diposkan 3 Juni 2011

Jepang dan Cina merupakan dua raksasa ekonomi Asia. Mereka bersaing mendapatkan tempat dan konsumen baru dari pelbagai penjuru dunia. Salah satunya di Indonesia. Khususnya di Jawa sebagai pusat perekonomian Indonesia.Buku ini memberikan gambaran persaingan Dagang Jepang dan Cina di Jawa pada tahun 1930-an dan 1990-an. Buku ini juga telah meletakkan dasar pengetahuan yang cukup bagus dalam menjabarkan tentang persaingan bisnis dua raksasa ekonomi di Asia (Jepang dan Cina). Buku karya Alumnus Australian Nasional University ini kaya akan data dan literatur yang menjadi kekuatan dalam mendasarkan kajian dalam historiografi Indonesia modern.

blinkBlink, Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir
karya Malcolm Gladwell
Dimuat di Blog: Review Buku http://hurufbuku.blogspot.com/
Diposkan, 31 Mei 2011

Buku kedua dari Malcolm Gladwell ini berisi tentang kesimpulan yang kita buat berdasarkan kesan pertama kita atas sesuatu. Menurut Gladwell kesan pertama kita atas sesuatu benar – benar kuat, benar – benar penting dan terkadang benar – benar baik. Tentu saja pendapat Gladwell ini mendapatkan banyak kritikan. Bagaimana sebuah kesimpulan dari sebuah kesan bisa dikatakan sebagai sebuah kesimpulan yang baik? Namun, dalam buku ini juga Gladwell menulis bahwa tidak selamanya kesan pertama itu benar. Buku ini memang berisi tentang kesimpulan dari kesan pertama yang baik dan kesimpulan dari kesan pertama yang buruk sekaligus. Buku ini tidak hanya berisi kisah – kisah dari keduanya tetapi juga berisi bagaimana caranya agar kita dapat menarik kesimpulan yang baik dari kesan pertama. Karena banyak orang yang bisa membuat kesimpulan yang baik dari kesan pertama mereka, Gladwell mengatakan bahwa sebenarnya membuat kesimpulan yang baik dari kesan pertama itu bisa dipelajari dan dilatih. Blink juga berisi hal terakhir ini.

Detektif Conan #61
karya Aoyama Gosho
Dimuat di blog: Dear Readers http://floriayasmin.blogspot.com/
Diposkan, 4 Juni 2011

Di komik Conan 61 ini banyak kasus seru kembali muncul! Kasus pertama menampilkan KID SI PENCURI!, kali ini pamannya Sonoko Suzuki yang kaya raya itu (kembali) menantang Kid untuk mencuri sandal berhiaskan permata ungu. Kid muncul ditengah orang banyak namun kemudian menghilang hanya dalam sekejap mata menggunakan teleportasi yang mengejutkan semua orang. Mampu kah Jirokichi Suzuki menangkap Kid? Kasus kedua dialami oleh grup detektif cilik. Seorang pria yang mengendarai Rolls Royce kuno terbakar didalam mobilnya. Diduga penyebabnya adalah puntung rokok yang disambar oleh bensin. Benarkah ini merupakan kecelakaan? Kasus ketiga merupakan miseri pesawat kertas yag menghebohkan kota Beika. Dan yang terakhir adalah kasus yang bersambung ke volume 62 kakaknya Asuza (pelayan di Poirot cafe) dituduh melakukan pembunuhan terhadap atasannya.

Untung Surapati
karya Yudhi Herwibowo
Dimuat di blog : Truly Review http://trulyrudiono.blogspot.com/
Diposkan, 02 Juni 2011

Novel ini mengambil sosok Untung Suropati. Untung lahir di Bali sekitar tahun 1660, wafat di Bangil, Jawa Timur pada 5 Desember 1706. Tidak ada yang tahu siapa orang tuanya secara jelas. Dalam buku ini disebutkan ia merupakan anak dari I Gusti Ngurah Jalantik. Sedikit sekali yang memahami siapa sosok Untung sesungguhnya, buku ini memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai Untung Suropati,yang karena semangat juangnya ditetapkan sebagai pahlawan nasional Indonesia berdasarkan S.K. Presiden No. 106/TK/1975 tanggal 3 November 1975. Dalam buku ini banyak sekali nuansa sejarah yang dipaparkan dengan teramat sangat mendetail. Bagi saya yang tidak menyukai sejarah sungguh menyiksa! Buku yang berat. Syukur banyak cerita segar yang memberi saya kekuatan dalam menuntaskan buku ini. Misalnya saja aneka makanan yang diuraikan dengan bersemangatnya. Selain itu Informasi seputar tokoh yang di tuangkan dalam bagian yang diberi judul karakter sangat membantu saya memahami cerita.

Emmy and The Incredible Shrinking Rat
karya Lynne Jonell
Dimuat di Blog Book to Share http://perpuskecil.wordpress.com/
Diposkan, 06 Juni 2011

Emmy Addison adalah seorang anak perempuan yang manis. Super manis malah, sampai-sampai tidak ada teman sekelas maupun guru yang mengingatnya atau menganggapnya ada saking membosankannya dia. Satu-satunya teman Emmy adalah tikus peliharaan kelasnya, yang anehnya bisa berbicara dan hanya dimengerti oleh Emmy. Kehidupan Emmy sebelumnya sebenarnya menyenangkan. Bersama ayah-ibunya, Emmy tinggal di atas toko buku yang dikelola oleh keluarganya. Tetapi semuanya berubah saat kakek canggah Emmy yang tidak dikenal, William Addison, mewariskan kekayaannya pada keluarga Emmy, termasuk rumah mewah di tepi Danau Greyson. Akhirnya mereka pindah ke rumah tersebut, dan segalanya langsung berubah. Buku ini sangat menghibur. Mungkin semua dongeng atau cerita anak yang memiliki tokoh binatang memang selalu menyenangkan, layaknya film-film Disney yang sangat familiar. Jalan cerita yang asyik untuk diikuti (meski sangat predictable, tapi masih ada unsur-unsur kejutan yang muncul sesekali), karakter binatang-binatang pengerat yang lucu, dan terjemahan yang enak dibaca.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan