-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi di Media Cetak Pekan Ketiga Juni 2011

KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia. Disusun oleh Aya Hidayah dan dibacakan Ardyan M Erlangga:

Bercermin di Layar, Realita Antar Cerita

Karya Rohmad Hadiwijoyo

Resensi ditulis Ono Sarwono

Dimuat MEDIA INDONESIA, 25 Juni 2011

Buku setebal 212 yang berisi 34 wayang ini, isinya ringan dan bahasanya pun sederhana. Secara umum buku ini berisi pasemon-pasemon. Dalam budaya Jawa, pasemon adalah cara yang paling beradab ketika seseorang menyindir atau mengkritik orang lain. Mengapa demikian, karena kritik terbuka dinilai tidak sopan. Dengan pasemon, orang yang diharapkan akan sadar tanpa merasa diserang, digurui atau disalahkan. Selain itu dalam buku ini juga dilengkapi gambar tokoh-tokoh wayang yang terkait dalam ceritanya.

AzraCerita Azra, Biografi Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra

Karya Andina Dwifatma

Resensi ditulis Amirullah

Dimuat KORAN TEMPO, 26 Juni 2011

Buku dengan gaya bertutur ini banyak mengungkap kisah Azra yang belum banyak diketahui orang. Saat kecil, pakar sejarah dan peradaban Islam ini ternyata tidak hanya doyan membaca, iya juga punya hobi nonton film. Cerita-cerita masa kecilnya bertebaran dalam buku ini. Ada kisah Azra telat masuk sekolah. Gara-garanya dia dianggap belum cukup umur. Azra tidak bisa menjangkau ujung telinganya. Ada pula tingkah naif yang biasa dilakukan dikala sakit. Jika terkena migran, kepalanya diikat dengan sapu tangan atau ikat pinggang. Sosok cendekiawan Muslim itu tidak cuma disegani di Indonesia, tapi juga di dunia internasional.

Mozaik Ingatan

Karya Agus Budiawan dkk

Resensi ditulis Risang Anom Pujayanto

Dimuat JAWA POS, 26 Juni 2011

Buku kumpulan cerita pendek (cerpen) Mozaik Ingatan merupakan salah satu wujud sanggahan kematian dunia prosa Surabaya. Buku ini memuat 14 cerpen yang pernah terpublikasi di media masa lokal maupun nasional beberapa karya dipilih dengan pertimbangan pernah meraih penghargaan pada festival tulis-menulis di tingkat lokal dan nasional. selain itu juga menghadirkan satu tulisan khusus, yakni naskah kritik. Kritik empat belas cerpen, lebih tepatnya. Bramantio salah seorang pemenang Sayembara Telaah Sastra DKJ 2007 dan Sayembara Telaah Sastra DKJ 2009, didaulat menelaah keseluruhan karya Mozaik Ingatan.

Sejarah Teror: Jalan Panjang Menuju 11 September

Karya Lawrence Wright

Resensi ditulis Imam S Arizal

Dimuat JAWA POS, 26 Juni 2011

Buku tentang sejarah teror terdahsyat sepanjang abad 21 itu didasarkan pada penelitian selama lima tahun dan ratusan wawancara yang dilakukan di Mesir, Arab Saudi, Pakistan,Afganistan, Sudan, Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, dan Amerika Serikat. Lawrence Wright melakukan penelaahan mengenai sejumlah pribadi dan gagasan mereka, berbagai rencana teroris, serta kegagalan intelijen Barat yang berujung pada serangan terhadap Amerika.

Super Brain Memory: Teknik Cepat Menghafal Luar Kepala

Karya Prapti Hartiningsih SPt

Resensi ditulis Ulfah Nurhidayah

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 26 Juni 2011

Buku ini membantu melatih menajamkan otak dalam menyimpan memori atau menghafal. Tidak hanya memori jangka pendek, namun juga jangka panjang. Memang metode hafal yang ditawarkan dalam buku ini dirancang dengan banyak melibatkan aktivitas otak kanan, terutama imajinasi, namun tidak berarti aktivitas otak kiri dinegasikan begitu saja. Di akhir buku ini dituturkan pula Brain Performance Enhancement Guide (PEG). Yaitu informasi menjaga kesehatan otak, termaksud makanan, minuman dan musik yang baik bagi otak.

Excuse Moi

Karya Margareta Astaman

Resensi ditulis Chairil Anwar ZM

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 26 Juni 2011

Dalam buku ini penulis berulang kali mengkritik tentang negara dengan kebobrokan sistem yang memojokkan kaum minoritas, tentang perlakuan orang pribumi yang kurang ramah kepada orang-orang China dan tentang stereotipe yang keliru bahkan yang salah kaprah ihwal orang China dan kebudayaannya. Di buku ini Margie memberi batasan yang tegas bahwa China di Indonesia bukanlah bangsa tapi adalah sebuah suku seperti halnya Jawa, Sunda, Batak dan lain-lain, sementara Indonesia sebagai sebuah Negara.

Cinta Suci Zahrana

Karya Habiburrahman El Shirazy

Resensi ditulis Irwan Kelana

Dimuat REPUBLIKA, 26 Juni 2011

Perjuangan berliku seorang wanita karier berusia kepala tiga dalam mencari dan menemukan jodoh sejatinya, inilah tema novel terbaru karya Habiburrahman El Shirazy. Sesuai dengan judulnya Cinta Suci Zahrana, novel yang mengambil latar di Jawa Tengah, Jawa Barat, hingga negeri Cina itu. Mengisahkan seorang wanita karier tepatnya dosen yang baru menyadari pentingnya pernikahan ketika usianya sudah beranjak tua untuk ukuran seorang wanita. Selama ini ia sibuk mengejar mimpinya, menjadi seorang dosen yang berprestasi, sehingga ia menolak lamaran sejumlah pria yang ingin menyuntingnya.

Antara Daerah dan Negara: Indonesia Tahun 1950-an

Penyunting Sita van Bemmelen | Remco Reben

Resensi ditulis Bandung Mawardi

Dimuat SUARA MERDEKA, 26 Juni 2011

Buku ini mengingatkan kita pada babak-babak menegangkan, sentimen kedaerahan, nafsu pemberontakan, dan politik disintegratif. Eksistensi negara pada tahun 1950-an memang rentan oleh kritik dan resistensi. Pemberlakuan gagasan demokrasi liberal memunculkan tafsir yang berseberangan, gugatan legitimasi, dan euforia politis.

9 Summers 10 Autumns: dari Kota Apel ke The Apple

Karya Iwan Setiawan

Resensi ditulis Redaksi

Dimuat TRIBUN JOGJA, 26 Juni 2011

Penggalan sinopsis dari buku ini sudah jelas mengenai kondisi Iwan Setiawan kecil yang masih harus berjuang demi keluarganya. Di sini Iwan memaparkan kehidupannya yang malang selama dibesarkan orang tuanya di Kota Batu Malang. Di bab-bab pertengahan Iwan lebih banyak berkisah tentang kehidupan yang dijalaninya selama di New York. Perjalanan demi perjalanan yang dilakukan Iwan hampir selama 10 tahun di New York City ia tuangkan semua dalam buku ini. (Aya/IBOEKOE)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan