-->

Kronik Toggle

Gramedia Yogyakarta Terbakar

YOGYAKARTA – Toko buku Gramedia Yogyakarta, Jumat, 17 juni 2011, terbakar sehari setelah para karyawan melakukan simulasi kebakaran. Simulasi kebakaran dilakukan semua karyawan yang berjumlah 250 orang. Kebakaran yang terjadi pada pukul 10.30 WIB itu tidak memakan korban.

“Kami melakukan simulasi kebakaran secara rutin tiga bulanan, kemarin memang kami juga melakukan simulasi,” kata Kristiono, Region Manager toko buku Gramedia Yogyakarta, Jumat, 17 Juni 2011. Sampai saat ini pihak Gramedia belum bisa menaksir besarnya kerugian. Namun demikian, pihaknya mengutamakan kepastian tidak adanya korban jiwa termasuk dari karyawan dan pengunjung toko.

“Kita belum hitung kerugiannya. Yang jelas satu ruangan yang terbakar berukuran sekitar 4×4 meter itu milik kantor Kurnia Agung yang menyediakan alat-alat tulis. Kemungkinan hanya itu saja yang terbakar dan tidak menjalar ke ruangan lain,” ungkapnya.

Toko buku yang berada di Jalan Sudirman Yogyakarta itu terbakar di lantai satu sisi belakang. Tepatnya di gerai buku Kurnia Agung yang menjual alat-alat kantor dan buku.

Penyebab kebakaran belum bisa disimpulkan. Para petugas kebakaran yang mengerahkan enam mobil kebakaran serta polisi yang memberi bantuan dua mobil water canon telah melokalisasi titik api.

“Konter itu ukurannya 4×4 meter, semoga tidak meluas ke konter lain. Untuk kerugian kami belum bisa menghitung,” kata dia.

Awalnya disebutkan asap dari generator set. Tetapi ternyata api justru muncul di gerai buku di atas lokasi generator set.

Kepala Kepolisian Resor Kota Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Mustaqim menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Latihan atau simulasi kebakaran memang diperlukan untuk antisipasi kejadian seperti itu.

“Simulasi kebakaran intinya untuk meminimalisir korban, kalau kerugian material jelas ada tetapi yang penting jiwa manusia selamat,” kata dia di depan gedung toko Gramedia yang masih mengeluarkan asap.

Diberitakan portal krjogja.com, satu petugas pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api di Toko Gramedia Yogyakarta sempat pingsan karena kehabisan oksigen.

Sumber: Tempointeraktif.com dan Krjogja.com, 17 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan