-->

Kronik Toggle

CSR Pasar Baru, dari Sembako hingga Buku

JAKARTA— Festival Pasar Baru ternyata tidak sekadar bertujuan mendulang laba dan promosi wisata belanja. Ada juga perusahaan yang memanfaatkan festival sebagai ajang pelaksanaan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat.

Sebutlah PT Sumber Alfaria Trijaya. Salah satu perusahaan waralaba terkemuka yang lebih dikenal sebagai Alfamart itu menjual paket sembako murah.

“Satu paket kami jual Rp 15.000. Isinya minyak goreng ukuran satu kilogram, gula pasir seperempat kilogram, tiga bungkus mi instan, dan satu botol kecap,” kata Faturrachman, Corporate Social Responsibility Manager Alfamart, kepada Kompas.com, Jumat (24/6/2011) malam.

Harga total barang-barang yang dipaketkan sebenarnya bernilai Rp 25.000. “Rp 10.000 ditanggung kami (Alfamart) karena ini sebenarnya kegiatan corporate social responsibility (CSR) kami,” kata Fatur.

Dia melanjutkan, pengadaan paket sembako murah di Festival Pasar Baru menyasar kepada penduduk-penduduk miskin yang tinggal di sekitar kawasan di wilayah Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Menurutnya, CSR merupakan wujud kepedulian dan solidaritas dari perusahaan yang keberadaannya sebenarnya tidak bisa dilepaskan dari masyarakat dan dari berbagai kalangan sebagai konsumen.

Sementara itu, Toko Buku Gramedia Pasar Baru juga mengagendakan program tanggung jawab sosialnya bertepatan dengan pembukaan festival.

Galung Pratikto, Supervisor Gramedia Pasar Baru, menerangkan, pihaknya menyumbang 500 buku kepada empat lembaga. “Ada tiga sekolah dan satu perpustakaan atau taman bacaan di Sawah Besar yang menerima sumbangan buku,” kata Galung kepada Kompas.com. Keempat lembaga tersebut adalah SD 01 Sawah Besar, SMPN 4 Jakarta, SMUN 20 Jakarta, dan Taman Bacaan RW IV Sawah Besar.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin berpartisipasi dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” ujar Galung.

Sumbangan buku gratis diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Jakarta Pusat Saefulloh kepada perwakilan dari keempat lembaga. Acara berlangsung di Toko Buku Gramedia Pasar Baru menjelang pembukaan Festival Passer Baroe, Jumat malam. Wali Kota didampingi jajaran pimpinan pemerintahan Jakarta Pusat dan diiringi kelompok marawis serta Abang dan None Jakarta 2011. Mereka diterima oleh jajaran pimpinan Gramedia Pasar Baru.

Selain memberikan sumbangan buku, Gramedia juga menyediakan diskon khusus kegiatan festival dengan potongan harga hingga 80 persen. Potongan harga yang diberikan merupakan yang terbesar dibanding potongan dari peserta festival lainnya.

“Ini merupakan bagian dari Pesta Buku dalam rangka pembukaan tahun ajaran baru sekolah. Namun, yang diberikan diskon tidak hanya buku pelajaran. Ada juga buku pengetahuan umum dan buku-buku sastra,” kata Galung.

Festival Passer Baroe ke-12 itu akan berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat ini hingga Minggu (26/6/2011). Tidak hanya potongan harga dari toko-toko yang berada di kawasan pasar tertua di Jakarta tersebut, festival ini juga menampilkan parade seni budaya, wisata kuliner, dan aneka karya kerajinan tangan dan lukisan, serta perlombaan-perlombaan yang melibatkan masyarakat dan pengunjung.

*) Kompas, 25 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan