-->

Kronik Toggle

Buku Pemain Legendaris Sepakbola Ramang Dicetak

Makassar– Buku yang mengisahkan riwayat hidup pemain legendaris Indonesia asal Makassar, Sulawesi Selatan, Ramang, Sabtu, masuk percetakan di Jakarta.

Buku dengan judul “Ramang Macan Bola” memiliki ketebalan 630 halaman, pada tahap pertama akan dicetak terbatas 1.000 eksemplar, kata penulis buku tersebut, Dahlan Abubakar yang juga wartawan senior dan Kepala Humas Unhas melalui telepon Jakarta-Makassar.

Menurut dia, di dalam buku juga dimuat tulisan Wakil Presiden RI 2004-2009 M. Jusuf Kalla berjudul “Sepakbola Kita” yang menempati bagian kedua setelah pengantar penulis. Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Dr A. Alifian Malarangeng dan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin selaku Ketua Umum PSM, juga memberi pengantar di dalam buku tersebut.

Buku ini dibagi ke dalam empat Bab. Bab I Rekam Jejak yang berisi kisah Ramang sejak lahir hingga meninggal dunia dari berbagai narasumber dan data yang ada. Bab II kisah (tentang) Mereka, berisi komentar para pemain se-angkatan, yang pernah main bersama dan dilatih Ramang. Pemain se-angkatan Ramang yang diwawancarai penulis adalah Maulwi Saelan, kiper Indonesia ketika menahan 0-0 Uni Soviet di Olimpiade Melbourne, Australia 1956.

Pemain lain, di antaranya, Harry Tjong (kiper), M. Basri, Suaib Rizal, Machful Umar, Ny. Wasimah Suwardi Arland, Keng Wie, Piet Tio, Saleh Ramadaud, Baco Achmad, Anwar Ramang, Dony Pattinasarani, Yopie Lumoindong, Syamsuddin Umar, Thalib, Kusnadi Kamaluddin dan beberapa narasumber lain.

Bab III data yang terlacak, berisi tulisan yang menyinggung Ramang dari dunia maya. Bab IV Testimoni sejumlah narasumber yakni mereka yang termasuk menjadi wasit/hakim garis ketika Ramang bermain, serta yang pernah menonton pertandingan yang dilakoni Ramang. Termasuk pula narasumber yang adalah teman se-sekolah Ramang di Barru. Narasumber buku ini sebanyak 40 orang, ucap Dahlan.  (ANT/K004)

Editor: B Kunto Wibisono

*)Antara 14 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan