-->

Kronik Toggle

Bangun Perpustakaan Multimedia di Sulsel

27551_117095768318944_707_n

MAKASSAR– Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi (BAPD) Sulsel bekerja sama dengan SINDO Sulselbar, akan membangun perpustakaan multimedia di Sulsel. Langkah ini sebagai upaya meningkatkan minat baca di daerah ini.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Provinsi Sulsel Ama Saing mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan halte baca dan taman-taman baca yang sudah ada. Di taman ini, masyarakat bisa membaca bacaan ringan seperti koran. Dia meyakini, hal ini akan bersifat menyenangkan. Di tempat itu pula, masyarakat bisa menggali dan berdiskusi topik-topik aktual yang disajikan sebuah koran.

“Makanya kami bekerja sama dengan SINDO. Kami berharap kerja sama ini bisa membawa hasil yang menggembirakan. Kami juga akan mendistribusikan buku-buku, baik dari pemerintah maupun para donasi bekerja sama dengan Gerakan Makasar Membaca,” ungkapnya. Berdasar survei Komisi Penyiaran Independen Daerah (KPID) Sulsel, minat baca di kalangan siswa di daerah ini masih minim dan didominasi budaya menonton yang tinggi, mencapai tujuh jam sehari.

Itu artinya, mereka tidak punya lagi waktu membaca, kecuali sekadar mengerjakan pekerjaan rumah yang dibebankan sekolah. “Hampir tidak ada minat. Mereka hanya membuka buku karena kewajiban mereka mengerjakan tugas di sekolah. Tidak lebih dari itu,” ujar dia kepada SINDO seusai pencanangan Sulsel sebagai lokomotif Indonesia Membaca, kemarin.

Asisten III Pemprov Sulsel Yaksan Hamzah saat membuka acara, mengatakan, minat baca perlu terus ditumbuh kembangkan untuk menjadikan Sulsel sebagai lokomotif baca di Indonesia. Berdasarkan angka buta huruf di Sulsel, dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan penurunan signifikan. “Yang masih menjadi masalah adalah buta huruf pada usia 40 tahun ke atas,” tandas dia, kemarin, yang mewakili Gubernur Sulsel Sulsel Syahrul Yasin Limpo. Seputar Indonesia-herni amir/ a idhcang pasinringi

Sumber: Portal berita Makassar Terkini, 10 Juni 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan