-->

Lainnya Toggle

Seluk Beluk Ringkas Berdagang Buku

imagesMinat baca masyarakat akan buku, semakin meningkat setiap harinya. Bahkan sudah mulai menjadi gaya hidup modern. Keadaan ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Bisnis toko buku buku bisa berprospek cerah, tapi perlu dipelajari seluk beluknya.

Konsumen

Target konsumen bisnis toko buku adalah semua orang yang gemar membaca dan membutuhkan buku untuk meunjang aktivitasnya sehari-hari. Mulai dari anak-anak yang masih sekolah, para mahasiswa, para pegawai, ibu rumah tangga, serta berbagai kalangan masyarakat lainnya menjadi sasaran pasar bisnis toko buku.

Info Bisnis

Untuk memulai bisnis ini, yang terpenting Anda harus gemar membaca. Jadi Anda tidak terlalu merasa sulit menjalankan bisnis ini, karena dimulai dari apa yang Anda sukai. Selain itu dengan modal gemar membaca, Anda dapat menentukan macam-macam buku yang akan Anda jual. Sebab buku yang beredar saat ini dipasaran, memiliki jutaan judul dengan berbagai macam kategorinya.

Langkah selanjutnya yaitu menentukan lokasi usaha yang strategis, usahakan pilih lokasi yang dekat dengan keramaian. Jika memungkinkan, pilih lokasi yang dekat dengan sekolah, kampus atau di kawasan pusat perbelanjaan. Ciptakan suasana toko buku Anda senyaman mungkin, sehingga konsumen betah dan tidak segan untuk kembali lagi.

Pemasaran

Pemasaran bisnis toko buku dapat dilakukan melalui iklan di media massa, selain itu Anda juga bisa mengenalkan bisnis Anda dengan mengikuti berbagai pameran buku yang sering diadakan di dalam kota maupun kota-kota sekitarnya. Sedangkan untuk menarik minat para konsumen untuk berkunjung ke toko Anda, bisa dilakukan dengan memberikan potongan harga tertentu.

Promosikan juga melalui media online atau internet sehingga dapat berfungsi pula sebagai toko buku online. Jadi jangkauan pasar bisnis Anda lebih luas, bisa sampai ke negara lain.

Kelebihan Bisnis

Menjalankan bisnis buku terbilang tidak sulit, terutama bagi para penggemar buku. Apalagi minat masyarakat yang tidak pernah habis, menjadi salah satu kelebihan bagi bisnis ini. Selain itu modal yang diperlukan juga bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Bila Anda memiliki modal cukup besar, bisa membuka toko dengan modal buku yang dibeli secara tunai. Namun jika modal usaha Anda terbatas, tidak perlu berkecil hati. Karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan menjalin kerjasama dengan penerbit buku yang melayani sistem titip jual (konsinyasi).

Kekurangan Bisnis

Peluang bisnis toko buku juga memiliki kekurangan, omzet yang diperoleh biasanya mengalami pasang surut. Karena sesuai kebutuhan masyarakat akan buku, minat masyarakat meningkat pada tahun ajaran baru atau awal semester baru saja. Pada waktu-waktu itu, omzet yang diterima bisa meningkat hingga berlipat-lipat dari omzet hari-hari biasa. Selain itu untuk buku-buku best seller, tidak mau menerima kerjasama konsinyasi. Jadi untuk stok buku best seller, diperlukan modal tambahan untuk membeli tunai.

Kunci Sukses

Para konsumen lebih senang mengunjungi toko buku yang koleksi bukunya lengkap, harganya murah serta tempatnya nyaman untuk membaca. Semakin lengkap koleksi buku Anda, semakin banyak pula konsumen yang datang berkunjung. Selain itu berikan potongan harga tertentu, biasanya pada tahun ajaran baru banyak toko buku yang memberikan diskon tertentu untuk menarik minat konsumen. Dan yang terakhir, ciptakan seuasana toko buku yang nyaman bagi para penggemar buku. Semakin nyaman suasana toko Anda, semakin sering pula para konsumen kembali ke toko Anda.

ANALISA EKONOMI

Modal awal

Sewa Tempat/tahun                                        Rp 15.000.000

Stok buku                                                              Rp 15.000.000

Rak buku dan alat display                              Rp   4.000.000

Komputer dan printer                                     Rp   4.000.000

____________+

Total                                                               Rp 38.000.000

Penyusutan peralatan (rak buku,alat display, computer dan printer,

Selama pemakaian 2 tahun = 1/24 bulan x Rp 8.000.000,00 = Rp 333.300,00

Biaya Operasional

Belanja stok buku                                           Rp  8.000.000

Gaji pegawai 2x @800.000                      Rp  1.600.000

Transportasi                                                     Rp     900.000

Promosi                                                               Rp     500.000

Listrik                                                                   Rp     300.000

Penyusutan alat                                               Rp     333.300

___________+

Total                                                               Rp 11.633.300

Omzet per bulan

Dengan asumsi omzet per hari ± Rp 500.000

Omzet per bulan = Rp 500.000x 30    = Rp 15.000.000

Laba per bulan

Rp 15.000.000 – Rp 11.633.300         = Rp 3.366.700

BEP

( modal awal : laba bersih per bulan ) = ± 12 bulan

*) Surabaya Post 23 November 2010

2 Comments

Ahmad MQ - 31. Jan, 2013 -

Saya ingin berbisnis jual buku, tapi dengan modal yang sangat minim sekitar 7 juta. bagaimana menyiasatinya?
Mohon pencerahannya.
Kalau bisa jawab melalui email saya,
sebelumnya terima kasih

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan