-->

Kronik Toggle

Lima Buku Profil SBY Beredar di Sejumlah SMP Tegal

Slawi – Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal direpotkan oleh beredarnya buku yang berisi tentang profil Presiden Susilo Bambang Yudoyono di sejumlah sekolah. Buku itu beredar, terutama di sekolah yang menerima dana alokasi khusus dari pemerintah pusat.

“Kalau tak bermanfaat bisa ditarik dari sekolah,” ujar Waudin, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tegal saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (24/1).

Beredarnya buku berisi profil SBY yang kabarnya dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) ini kebijakan dari pemerintah pusat dan langsung didistribusikan ke sekolah sebagai penerima bantuan. “Saya dapat aduan dari dewan pendidikan,” ujar Waudin.

Buku ini diterbitkan oleh PT Media Tama Surakarta sebagai pemenang lelang dana alokasi khusus pada 87 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Tegal dengan nilai anggaran masing-masing Rp 45,5 juta. “Buku itu telah didistribusikan sejak Desember sekarang sudah selesai pengiriman,” ujar Waudin.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal Muhammad Dimyati memprotes beredarnya buku tersebut. Kata dia, buku yang dialokasikan dari dana alokasi khusus tak bisa dimanfaatkan untuk kepentingan politik. “Ini menyalahi aturan,” ujarnya.

Ia menyayangkan peredaran lima judul buku berisi profil dan perjalanan hidup SBY itu. “Apa lagi kelima sampul buku itu bergambar karikatur SBY,” katanya.

Menurut Dimyati, buku tersebut tak layak dibaca siswa sekolah ditengah upaya pemerintah sedang giat meningkatkan kualitas siswa dalam memahami pelajaran di sekolah. “Saya minta Dinas Pendidikan menarik buku tersebut,” katanya.

EDI FAISOL

*) Tempointeraktif, 24 Januari 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan