-->

Kronik Toggle

Inilah 18 Program Radio Buku Live Streaming

Logo RADIO BUKUYOGYAKARTA–Radio Buku adalah radio komunitas (buku) pertama di Indonesia berbasis internet yang disiarkan via situs www.indonesiabuku.com. Dengan tagline “Mendengar Buku, Membuka Cakrawala”, radio ini siaran perdana pada 1 Februari 2011. Dari Senin-Sabtu pukul 14.00 hingga 22.00.

Dari pojok Alun-Alun Selatan, Kraton, Daerah Istimewa Yogyakarta, inilah 18 program yang ditampilkan untuk siaran perdana:

Jurnal Republik: Pembacaan kolom Jurnal Republik, per tanggal di tahun lampau dan menjadi pembuka dan penutup siaran.

Kabar Buku: Berita seputar dunia perbukuan di Indonesia dan dunia (buku baru, katalog, best seller, resensi, dan lain-lain). Sesi ini akan diringi pemutaran lagu-lagu manca – persada Nu Entry Medium-Up.

Almanak: Program ringan berupa pembacaan buku-buku primbon (daur hidu) dan pembagian buku-buku untuk kuis.

Kronik Indonesia: Berita dari jurnalistik masa silam (anti jurnalisme) selama kurun seabad mutakhir.

Buku Bersambung: Pembacaan naskah panjang secara berurutan hingga tamat. Naskah itu bisa berupa catatan harian, wayang/ludruk /seni tradisi tutur lainnya, buku biografi, novel, dan lain-lain.

Bengkel Buku: Program yang berisi tips dan trik seputar buku dan dunia perbukuan. Semua rahasia dapur produksi buku akan dibahas di sesi ini.

Katalog Seni: Program ini merekam senarai perkembangan dunia senirupa, terutama produksi wacana dan buku di dunia seni ini. Dari teks ke visual. Begitu model pengemasannya. Dari katalog ke karya seni.

Biografi: Mengenal lebih dekat profil perpustakaan, penulis, penerbit, toko buku, komunitas perbukuan, website perbukuan, dan lain-lain.

Buku Pertamaku: Berisi pengakuan seseorang dari beragam profesi ihwal lima buku yang mempengaruhi hidupnya dan buku-buku itu akan terkenang abadi.

How To: Membincangkan buku-buku yang bersifat “memandu” atau how to atau pripun atau kaifa. Misalnya, buku soal resep, keterampilan, hobi, motivasi, dan lain-lain.

Dongeng & Legenda: Pembacaan legenda dan dongeng Nusantara/dunia. Segmen program ini adalah anak-anak, pemerhati anak dengan diiringi lagu-lagu anak-anak tentu saja.

Angkringan Buku: Percakapan ihwal sebuah buku dari penerbit tertentu. Istilah tidak kerennya: bedah buku.

Sastra: Membahas dan atau membincangkan karya sastra dan parade pembacaan karya sastra, baik karya-karya yang sudah menjadi alamat di dunia sastra Indonesia, karya-karya penulis mutakhir, maupun sastra terjemahan.

Pidato: Mengudarakan koleksi pidato-pidato petinggi negeri, pembacaan pidato yang naskahnya tersedia dalam pelbagai buku, dan/atau pleidoi yang dibacakan.

Buku-Buku Malam: Pembacaan petikan buku yang membakar asmara yang disertai lagu-lagu dangdut koplo atau bertema “di sekitar situ”.

Cine-Book: Mereview film-film bertema buku dan diiringi oleh Original Soundtrack film yang sedang dibahas. Program ini bekerjasama dengan Cine Book Club yang bermotto: “Membaca Film Menonton Buku”.

Bahasa: Menyoal isu-isu kebahasaan termutakhir, produksi kamus, dan sesekali pelajaran bahasa Indonesia soal tata bahasa.

Jogja Istimewa: Semua informasi soal kota Yogyakarta yang diiringi oleh lagu-lagu yang bertema Yogya tentu saja, seperti Jogja Hiphop Foundation. (GM/IBOEKOE)

1 Comment

nyonyabuku - 19. Jan, 2011 -

cant hardly wait…:D

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan