-->

Kronik Toggle

Dihebohkan, Buku SBY Lolos Jadi Buku Pengayaan

DIAH HARIANTI Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdiknas mengatakan, buku tentang SUSILO BAMBANG YUDHOYONO (SBY) Presiden yang dihebohkan itu sudah dinyatakan lolos sebagai buku pengayaan.

Artinya buku tentang SBY boleh dibaca oleh semua orang dan tempatnya di perpustakaan.

Disamping buku tentang SBY terdapat 807 judul buku yang diteliti tahun 2009 dan dinyatakan lolos sebagai buku pengayaan.

Kata DIAH HARIANTI pihaknya hanya sebatas melakukan penilaian terhadap buku-buku yang diusulkan para penerbit. Tidak ada hubungannya dengan dipilihnya dalam proyek dana alokasi khusus (DAK). Daerah sendiri yang menentukan pilihannya dengan bebas sebagai pengayaan.

Ada dua jenis penilaian perbukuan di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdikas). Buku-buku yang dikatagorikan buku teks, penilaiannya dilakukan Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) melalui keputusan Mendiknas.

Untuk buku non teks pelajaran atau pengayaan penilaiannya dilakukan pusat perbukuan dan ditetapkan pusat perbukuan termasuk buku tentang SBY.

Butir instrumen penilaian buku pengayaan antara lain meliputi komponen kelayakan materi, penyajian, bahasa dan komponen kelayakan grafika. Skor komponen ini akan menentuan layak tidaknya buku tersebut.(jos/ipg)

*)Suarasurabaya.net 26 januari 2011

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan