-->

Kronik Toggle

Buku Negeri 5 Menara Raih Mega Best Seller

Jakarta – Sejak pertama kali diterbitkan pada Juli 2009, buku Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi telah terjual lebih dari 100 ribu eksemplar. “Novel ini telah terjual 125.723 eksemplar. Ini termasuk Mega Best Seller,” kata Wakil Direktur Pemasaran Gramedia Thomas Athanasius saat dihubungi Tempo, Jumat malam.

Kategori Mega Best Seller, ia melanjutkan, diberikan untuk buku yang terjual di atas 100 ribu eksemplar. Sedangkan kategori best seller jika buku tersebut telah melalui tiga kali cetakan. Di Gramedia, lanjut Thomas, cetakan pertama biasanya memproduksi 30 ribu eksemplar, dan cetakan selanjutnya sebanyak 10 ribu eksemplar. Untuk buku Negeri 5 Menara merupakan cetakan ke delapan pada Agustus lalu.

Negeri 5 Menara bercerita tentang kehidupan santri Pondok Pesantren Moderen Gontor di Ponorogo Jawas Timur. Buku ini terinspirasi oleh kehidupan penulis yang pernah menjadi santri di pondok tersebut. Meski cuma lulusan pesantren, nyatanya Ahmad Fuadi berhasil kuliah di luar negeri dan pernah bekerja sebagai wartawan Tempo.  Semua itu tergapai berkat keseungguhan yang terpatri atas dasar semboyan berbahasa Arab yang disampaikan saat pertama kali masuk pesantren yaitu “Man Jadda Wajada”. Artinya siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.

Akbar Tri Kurniawan

*)Tempointeraktif, 14 Januari 2010

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan