-->

Literasi dari Sewon Toggle

Koleksi Taufiq Ismail

Sumber: Facebook

Sumber: Facebook

Buku yang disusun Taufiq Ismail dan D.S. Moeljanto berjudul Prahara Budaya nyaris menjadi buku tafsir tunggal atas situasi kesusateraan tahun 1950-1960-an dengan mempersonagratakan sastrawan Kiri (Lekra) ke tempatnya yang sangat nista.

Buku propaganda lain yang sejenis dan bersifat umum adalah Katastrofi Mendunia yang mempersamakan Marxisme dengan Narkoba. Bayangkan, ajaran filsafat dan ideologi (pengetahuan) disamakan dengan begitu entengnya dengan Narkoba.

Taufiq Ismail adalah propagandis kanan pasca Lekra. Selain sajak-sajaknya yang realis, ia juga seorang religius dan penulis esei yang prolifik. Keprihatinannya atas nasib sastra di sekolah-sekolah yang membawanya berkeliling dari satu sekolah ke sekolah yang lain lewat: Siswa Bertanya Sastrawan Menjawab yang disponsori sepenuhnya Ford Foundation (Amerika Serikat).

Berikut ini koleksi karya dan tentang Taufiq Ismail di Perpustakaan Indonesia Buku (gelaranibuku):

  1. Taufiq Ismail Karya dan Dunianya
  2. Prahara Budaya: Kilas-Balik Ofensif Lekra/PKI Dkk.
  3. Katastrofi Mendunia: Marxisma Leninisma Stalinisma Maoisma Narkoba
  4. Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit 1: Himpunan Puisi 1953-2008
  5. Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit 2: Himpunan Tulisan 1960-2008
  6. Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit 3: Himpunan Tulisan 1960-2008

Kunjungi Perpustakaan Indonesia Buku, Jl Patehan Wetan No 3, Alun-Alun Selatan, Kraton, Yogyakarta. Buka dari Senin-Sabtu, pukul 10.00 pagi sampai dengan 10.00 malam. Dan setiap Sabtu Malam Pukul 08.00 (Bakda Isya) ada pemutaran film buku oleh Cine Book Club.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan